Penemuan yang Mengubah Dunia: Bersalaman, Simbol Damai Jadi Tradisi Lebaran

Kompas.com - 09/06/2019, 21:51 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bertemu dengan teman masa kecilnya saat menggelar open house Idul Fitri 1440 Hijriyah di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (7/6/2019). Dok. Humas Pemprov Jawa TengahGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bertemu dengan teman masa kecilnya saat menggelar open house Idul Fitri 1440 Hijriyah di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (7/6/2019).

 

KOMPAS.com - Hari raya Idul Fitri baru saja berlalu dan kendaraan arus balik kembali memadati jalan-jalan ibukota. Masih dalam semangat lebaran tapi para pekerja mulai mengisi pruang-ruang perkantoran, ada "tradisi" yang tak bisa dilepaskan yaitu bersalaman.

Tak hanya saat kembali ke rutinitas pekerjaan, tradisi bersalaman juga lekat dengan lebaran sebagai tanda silaturahmi dan saling bermaafan.

Namun, tidak ada yang tahu sejak kapan tradisi bersalaman saat lebaran ini mulai ada. Mungkin, kebiasaan Idul Fitri ini juga tidak lepas dari sejarah berjabat tangan itu sendiri.

Saking umumnya bersalaman, orang tak pernah memikirkan sejak kapan kebiasaan ini muncul bahkan dianut oleh seluruh dunia.

Baca juga: Alasan Kita Jadi Lebih Gampang Memaafkan Saat Idul Fitri

Simbol Perdamaian

Merunut sejarahnya, bersalaman pertama kali dilakukan pada abad ke-5 sebelum masehi (SM) di Yunani. Seperti tradisi lebaran, bersalaman saat itu merupakan simbol perdamaian.

Dengan berjabatan tangan, masyarakat Yunani pada waktu itu memunculkan garakan niat damai. Mereka akan mengulurkan tangan kanan kepada orang lain dan menjabat tangan.

Hal ini digunakan untuk menunjukkan bahwa mereka yang bersalaman tidak membawa senjata.

Kebiasaan ini terus dilakukan selama era Romawi. Hanya saja, pada era Romawi, bersalaman lebih mirip dengan genggaman tangan.

Pasalnya, orang yang bersalaman akan memegang lengan masing-masing untuk memastikan tidak ada pisau atau belati tersembunyi di balik lengan baju lawan bicara.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X