Kompas.com - 02/06/2019, 19:02 WIB
Ilustrasi bir npr.orgIlustrasi bir

KOMPAS.com – Kerajaan Mesir Kuno mungkin telah lama lenyap dari muka Bumi, namun ketertarikan terhadapnya terus menjadi misteri yang mengundang daya pikat hingga sekarang.

Segala peninggalan bangsa Mesir Kuno, seperti arsitektur Piramida Besar dan Sphinx, tulisan hieroglif, mitologi dan kepercayaan, serta kebudayaanya telah lama dipelajari oleh para egyptolog, dan banyak menginspirasi kultur populer.

Namun yang tidak banyak diketahui adalah aspek kuliner yang berlangsung di masa tersebut. Pernahkah anda bertanya-tanya mengenai makanan dan minuman kesukaan para Firaun dulu?

Kabar baiknya, lewat perkembangan sains dan teknologi mutakhir, secara perlahan misteri tersebut terkuak.

Baca juga: Uji DNA Buktikan Semangka adalah Makanan Favorit Firaun Mesir

Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ronen Hazan dan Dr. Michael Klutstein, ahli mikrobiologi dari School of Dental Medicine, Hebrew University of Jerusalem (HUJI).

Dengan menggunakan sampel keramik yang dipakai dalam pembuatan bir di era Mesir Kuno dulu, mereka mampu membangkitkan bir kuno yang dinikmati para Firaun silam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan mengisolasi koloni ragi yang tersimpan dalam pori-pori skala nano pada keramik tersebut, para ahli dapat menciptakan kembali bir yang dibuat berdasarkan resep Mesir Kuno.

Ragi yang tersimpan di dalam keramik diperkirakan telah mengalami masa dorman (inaktif) selama ribuan tahun.

Sampel keramik diprediksi berasal dari masa pemerintahan Pharaoh Narmer, yakni sekitar 3.000 tahun lalu. Keramik tersebut kemudian mengalami perpindahan hingga mencapai Israel, lokasi penemuan keramik tersebut.

Selain diisolasi untuk membuat bir, dilakukan pula analisis DNA terhadap ragi tersebut. Melalui hasil analisis genom, terungkap bahwa jenis ragi yang sama juga digunakan dalam pembuatan minuman beralkohol di kebudayaan lain, seperti arak madu Etiophia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.