Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Lengkap Mudik untuk Ibu Hamil, dari Naik Mobil Sampai Kapal

Kompas.com - 29/05/2019, 10:21 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor

Sumber


KOMPAS.com - Bepergian jauh selama kehamilan adalah kekhawatiran bagi banyak wanita, termasuk untuk pergi mudik Lebaran. Namun, mudik saat hamil bisa dilakukan dengan aman, selama Anda melakukan persiapan yang tepat.

Beberapa wanita mungkin memilih untuk tidak melakukan perjalanan jauh ketika usia kandungan masih dalam 12 minggu pertama alias trimester pertama karena rasa mual, mudah lelah, atau sering mengalami morning sickness. Risiko keguguran juga lebih tinggi dalam tiga bulan pertama.

Sementara, mudik lebaran di trimester ketiga kehamilan bisa sangat melelahkan dan tidak nyaman. Jadi, lebih merasa aman melakukan mudik lebaran di trimester kedua kehamilan, yaitu di antara bulan keempat sampai keenam.

Berarti mudik saat hamil hanya boleh dilakukan di trimester kedua kehamilan?

Tidak juga, sebenarnya jika kehamilan Anda sehat dan tidak ada komplikasi, Anda merasa kuat, dan dokter kandungan Anda mengizinkan, Anda bisa mudik di usia kehamilan berapa pun. Namun, itu dilakukan selama Anda sudah mempersiapkan diri dengan baik.

Baca juga: Jelang Lebaran, Kenali 5 Penyakit yang Kerap Dialami Saat Mudik

Tips mudik saat hamil agar tetap sehat selama perjalanan

Dengan tindakan pencegahan yang tepat dan asuransi perjalanan, kebanyakan wanita dapat mudik dengan aman walau dalam keadaan hamil.

Ke mana pun Anda pergi, cari tahu fasilitas kesehatan apa yang ada di tempat tujuan jika Anda memerlukan perawatan medis yang mendesak.

Sebaiknya selalu membawa catatan medis bersalin Anda sehingga Anda dapat memberi dokter informasi yang relevan jika diperlukan.

Pastikan asuransi perjalanan Anda melindungi Anda untuk segala kemungkinan, seperti perawatan medis terkait kehamilan selama persalinan, kelahiran prematur atau kondisi lainnya yang terkait dengan kehamilan Anda.

Entah Anda naik mobil, bus, kereta api, atau pesawat, berikut beberapa tips umum mudik saat hamil yang perlu diperhatikan.

  • Kenakan sabuk pengaman Anda dengan tali silang antara payudara Anda dan tali pangkuan melewati panggul Anda di bawah perut Anda, bukan tepat di perut Anda.
  • Minum yang cukup dan terus makan untuk kesehatan bayi Anda, bahkan jika Anda tidak nafsu makan di jalan.
  • Jika Anda memilih mudik dengan bus, pastikan ada toilet dalam bus tersebut.
  • Bus cenderung memiliki ruang gerak yang lebih sempit dan toilet yang kecil, sehingga sebaiknya Anda tetap duduk saat bus bergerak agar lebih aman. Jika Anda harus menggunakan kamar kecil, pastikan untuk memegang tempat duduk untuk menjaga keseimbangan.
  • Berhenti sejenak untuk istirahat dan meregangkan kaki untuk menjaga sirkulasi darah bila Anda melakukan perjalanan darat dengan mobil.

Mudik saat hamil dengan kereta api

Ilustrasi wanita hamil mudik dengan kereta. Ilustrasi wanita hamil mudik dengan kereta.
Bila Anda mau mudik dengan kereta api, usahakan untuk memesan tempat duduk yang dekat dengan toilet. Terutama bila Anda sering mengalami mual dan muntah selama kehamilan. Lagipula, ibu hamil memang biasanya jadi lebih sering buang air kecil.

Kalau perjalanan dengan kereta api cukup lama, siapkan bekal berbagai makanan sehat untuk di jalan atau untuk sahur dan buka puasa.

Anda juga bisa melakukan berbagai peregangan ringan selama perjalanan. Misalnya memutar-mutar bahu atau badan dan melakukan peregangan kaki. Peregangan kaki cukup mudah dilakukan, angkat kaki Anda dan tekuk ke arah perut kemudian luruskan ke depan (selonjor) lalu turunkan lagi. Ulangi pada kedua kaki selama beberapa kali.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com