Kompas.com - 23/05/2019, 18:32 WIB

KOMPAS.com – Saat ini, bahan bakar fosil seperti minyak bumi dan batu bara merupakan sumber energi utama yang digunakan oleh masyarakat dunia, mulai dari skala rumah tangga hingga tingkatan industri.

Penggunaan yang masif ini tidak dapat berlangsung lama, karena bahan bakar fosil merupakan sumber daya alam yang membutuhkan waktu sangat lama, jutaan tahun untuk dapat diperbaharui.

Namun, penelitian satu ini agaknya membuka harapan baru mengenai permasalahan ketersediaan sumber energi.

Para peneliti di bidang kimia dari University of Illinois telah berhasil menghasilkan bahan bakar dengan menggunakan air, karbon dioksida, dan cahaya tampak seperti fotosintesis buatan.

Melalui konversi karbon dioksida menjadi molekul yang lebih kompleks, seperti propana, teknologi green energy sekarang selangkah lebih dekat untuk dapat menyimpan energi matahari, khususnya dalam bentuk ikatan kimia, dan bisa digunakan saat matahari tak lagi bersinar.