Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serba Serbi Hewan, Kenapa Paus Sperma Tidur dalam Posisi "Berdiri"?

Kompas.com - 15/05/2019, 16:33 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Di internet, kita mungkin pernah melihat gambar lima sampai enam paus sperma dalam posisi vertikal tegak lurus, seakan mereka sedang berdiri seperti di atas.

Jika kita melihat paus dalam posisi demikian, perlu diketahui paus sedang tidur.

Melansir National Geographic, (5/8/2017), salah satu fotografer yang mengabadikan momen ini adalah pembuat film asal Perancis Stephane Granzotto ketika sedang menyelam di perairan Mediterania.

Baca juga: Serba-serbi Hewan, Bagaimana Cara Bintang Laut Makan?

Benarkah paus sperma tidur?

Studi yang terbit pada 2008 di jurnal Current Biology, adalah yang pertama mendokumentasikan bahwa paus sperma tidur dalam posisi vertikal.

Menurut studi tersebut, paus menghabiskan tujuh persen dalam sehari untuk tidur denga posisi vertikal di dekat permukaan air. Ini artinya, paus sperma menghabiskan 10 sampai 15 menit dalam sehari untuk tidur.

Dengan posisi tidur yang unik, para ahli bahkan percaya bahwa paus sperma adalah bagian dari kelompok binatang yang tidur dengan cara menggantung.

Para ahli menemukan, paus yang hidup di penangkaran hanya menggunakan setengah kapasitas otak ketika tidur. Menurut ahli, hal ini dapat membantu mereka menghindari predator, mempertahankan kontak sosial, mengendalikan pernapasan, dan mempersiapkan diri untuk berenang.

Baca juga: Serba Serbi Hewan, Benarkah Piranha Bisa Memakan Manusia?

Merujuk laman web Short Sleeve and Tie Club, hal paling aneh dari perilaku tidur paus di lautan adalah mereka tidak menyadari keberadaan para peneliti saat tidur. Paus-paus itu lelap dalam tidur, hanya melayang di lautan tanpa bergerak

Dalam sebuah rekaman video, sekelompok paus sperma itu tidak bangun dari tidur sampai salah satu paus terbangun karena suara bising mesin kapal. Ketika salah satu paus bangun, paus lain ikut bangun dan berenang menjauh.

Video ini membuktikan, bahwa meski hanya tidur sebentar paus tetap dapat tidur nyenyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com