Bak Manusia, Tawon Juga Bisa Gunakan Logika

Kompas.com - 13/05/2019, 21:05 WIB
Polistes metricus Polistes metricus

KOMPAS.com - Manusia dikenal sebagai makhluk hidup yang mengandalkan logika. Tak percaya, coba jawab pertanyaan, jika A lebih kecil daripada B dan B lebih kecil daripada C, maka apakah A lebih kecil daripada C?

Anda tentu dengan mudah menjawabnya bukan? Itu karena Anda menggunakan logika untuk mengetahui hubungan sesuatu yang tidak terlihat secara eksplisit.

Namun siapa sangka, bukan hanya manusia saja yang hidup menggunakan logika semacam itu.

Sebuah penelitian baru mengungkap bahwa tawon kertas juga menggunakan inferensi transitif untuk mengetahui hubungan yang tidak eksplisit.

Baca juga: Punya Mulut Mengerikan, Tawon Purba Ini Dinamai Drakula

Hal ini membuat tawon menjadi serangga pertama yang diketahui bisa menggunakan logika untuk kehidupannya.

"Kami tidak mengatakan bahwa tawon menggunakan deduksi logis untuk menyelesaikan masalah, tetapi mereka tampaknya menggunakan hubungan yang diketahui untuk membuat kesimpulan tentang hubungan yang tidak diketahui," kata ahli biologi evolusi Elizabeth Tibbetts dikutip dari Science Alert, Jumat (10/05/2019).

"Temuan kami menunjukkan bahwa kapasitas untuk perilaku kompleks dapat dibentuk oleh lingkungan sosial di mana perilaku menguntungkan, daripada dibatasi oleh ukuran otak," imbuh ahli dari dari University of Michigan itu.

Tibbetts sendiri telah mempelajari tawon, perilaku mereka, dan lingkungan mereka selama beberapa dekade. Dia menemukan hal-hal seperti ingatan tawon akan tawon lain dari pertemuan sebelumnya hingga cara menghukum sesama tawon yang tidak jujur dalam koloni mereka.

Penelitian lain juga telah mengungkap bagaimana tawon mengembangkan visi yang lebih baik untuk menangkap isyarat sosial.

Kini, dengan penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Biology Letters, Tibbetts menunjukkan masyarakat tawon mungkin juga mengembangkan kapasitas untuk menalar sesuatu - khususnya, inferensi transitif.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X