Paus Beluga "Mata-mata Rusia" Kembalikan Ponsel Turis yang Jatuh ke Laut

Kompas.com - 09/05/2019, 18:33 WIB

KOMPAS.com - Masih ingat dengan paus beluga yang muncul di Norwegia beberapa hari yang lalu? Mamalia laut yang diduga sebagai mata-mata terlatih Rusia itu kembali menjadi perbincangan.

Melansir dari The Dodo, Senin (06/05/2019), hewan laut itu terlihat cukup perhatian. Ia bahkan membantu mengambilkan ponsel penggunjung pantai setempat yang terjatuh ke laut.

Orang yang menjatuhkan ponsel itu adalah Ina Mansika. Dia dan teman-temannya ingin melihat dari dekat paus beluga yang sebelumnya menggunakan tali pengekang bertuliskan "Perangkat Milik St Petersburg" itu.

"Kami mendekat ke dermaga untuk melihatnya dan berharap mendapat kesempatan untuk menyentuhnya," ujar Mansika.

Baca juga: Rusia Akan Bebaskan Hampir 100 Orca dan Beluga dari Penjara Paus

Malangnya, Mansika justru menjatuhkan ponselnya ke laut saat menengok mamalia laut itu.

"Aku lupa menutup saku jaketku dan ponselku jatuh ke lautan. Kami berasumsi itu akan hilang selamanya, sampai paus itu turun kembali beberapa saat kemudian dengan ponsel itu di mulutnya," kisah Mansika.

"Semua orang sangat terkejut. Kami tidak percaya dengan apa yang kami lihat," tegasnya.

Meski kembali ke tangan Mansika, ponsel itu tidak dapat dioperasikan kembali. Tapi, hal ini tetap membuat Mansika bahagia.

"Paus itu sangat baik," tegas Mansika.

Namun, temuan ini justru makin menambah kecurigaan terhadap hewan ini. Paus berwarna putih itu terlihat terlalu biasa dengan manusia.

Dalam laporan Washington Post, otoritas sedang mempertimbangkan rencana pemindahan mamalia laut itu ke tempat perlindungan di Islandia. Alasannya adalah kemungkinan hewan ini tak bisa bertahan hidup lebih lama di alam liar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.