Warna Apa yang Anda Lihat di Sepatu Ini, Abu-abu atau Pink?

Kompas.com - 05/05/2019, 13:53 WIB
Warna sepatu, ada yang melihatnya berwarna hijau tosca dan garis abu-abu, ada juga yang menyebut warnanya pink dengan garis putih. Warna sepatu, ada yang melihatnya berwarna hijau tosca dan garis abu-abu, ada juga yang menyebut warnanya pink dengan garis putih.

KOMPAS.com - Belakangan, pertanyaan tentang warna sepatu pada gambar di atas menimbulkan perdebatan di sosial media.

Setidaknya salah satu akun yang melemparkan pertanyaan tersebut ke instagram story-nya dua hari lalu adalah @rrgna. Dia bertanya pada teman dunia mayanya tentang warna sepatu pada gambar di atas.

Sebagian menjawab sepatu itu berwarna abu-abu dengan garis hijau tosca dan sebagian menjawab sepatu berwarna merah muda dengan garis putih.

Lantas mengapa ada perbedaan jawaban yang sangat jauh? Bagaimana sains menjelaskan?

Baca juga: Viral Tes Kesehatan Mata Online, Dokter Sebut Tak Ada Dasar Ilmiahnya

Setelah ditelusuri, foto ini sebenarnya sudah beredar sejak 2015 dan terus menjadi perdebatan bagi sebagian orang.

Portal berita Guardian pada (12/10/2017) menyebut, warna sepatu yang benar adalah merah muda dengan garis putih.

Bevil Conway, seorang ahli saraf dari National Eye Institute di AS menjelaskan, perbedaan warna itu karena otak manusia berusaha memisahkan apa yang mereka identifikasi sebagai warna yang diberikan sumber cahaya dari pantulan layar.

"Pada dasarnya, sistem visual kita terus menerus berusaha mengoreksi warna gambar yang diproyeksikan retina untuk menghilangkan kontaminasi warna karena bias spektral pada sumber cahaya," ujar Conway.

Conway memberi contoh, saat kita melihat langit biru, kita tidak hanya melihat warnanya biru. Hal itu karena sistem visual manusia mampu membedakan warna yang disebabkan sumber cahaya dan disebabkan pantulan latar.

" Mata kita benar-benar peduli dengan permukaan. Ini adalah bagian cahaya yang memberi tahu tentang benda yang kita lihat. Sementara warna cahayanya sendiri tidak berarti," jelas Conway.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X