Kompas.com - 05/05/2019, 08:00 WIB
pesan berantai tes mata online pesan berantai tes mata online

KOMPAS.com - Sebuah broadcast message tentang tes mata belakangan viral di aplikasi chatting. Dalam pesan itu, terdapat sebuah gambar dengan latar hitam penuh dengan titik-titik putih melingkar memenuhi gambar.

Pesan itu juga dilengkapi dengan instruksi untuk membaca angka yang Anda lihat dalam gambar. Jika sudah begitu, angka yang terlihat akan menunjukkan apa masalah pada mata Anda, seperti astigmatisme (mata silinder), myopia (mata minus), atau normal.

Kompas.com bertanya pada dokter Widyandana, yang akrab dipanggil dr Doni, staff Neuro-Oftalmologi RSUP Dr Sardjito, sekaligus dosen di Fakultas Kedokteran UGM untuk menjelaskan kebenaran tes mata tersebut.

"Hoaks itu," ungkap Doni melalui pesan singkat ketika dimintai keterangan mengenai tes mata yang belakangan viral tersebut.

Baca juga: Sebelum Kacamata Ditemukan, Bagaimana Orang dengan Mata Minus Melihat Jauh?

"Saya belum pernah lihat dasar ilmiah tes semacam itu" tegasnya. Tes kelainan penglihatan biasanya menggunakan huruf Snellen dan alat autoref untuk mengetahui normal tidaknya penglihatan seseorang.

Dokter Doni juga mengatakan untuk melakukan tes kesehatan mata sebaiknya dilakukan di rumah sakit. Selanjutnya, resep yang didapatkan dari dokter mata dibawa ke optik untuk dibelikan kacamata.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Optik hanya melayani resep kacamata dari dokter mata," kata Doni.

"Sedangkan untuk Rumah sakitnya, tidak harus khusus mata, yang penting ada dokter spesialis mata dan alatnya lengkap," imbuhnya.

Untuk pemeriksaan mata yang bisa dilakukan langsung di optik sendiri, Doni memilih untuk tidak berkomentar. Tapi dia menegaskan, yang benar resep kacamata diberikan oleh dokter mata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.