Kompas.com - 04/05/2019, 17:35 WIB

KOMPAS.com - Melihat matahari terbakar kemerahan di ujung cakrawala ketika terbenam selalu mempesona. Memandang fenomena semacam ini setipa sore di balkon kantor saja sudah menyenangkan, apalagi jika di tempat spesial seperti pantai atau pegunungan.

Namun, bagaimana jika menyaksikan matahari terbenam atau kerap disebut sunset di planet Mars, yang mungkin menjadi rumah baru umat manusia?

Tenang, tak perlu langsung ke planet merah untuk menyaksikan fenomena ini. Karena, robot penjelajah Mars milik Badan Antariksa AS (NASA) InSight telah berhasil mengabadikannya.

Setelah beberapa waktu lalu InSight merekam terjadinya gempa di Mars, kali ini, ia berhasil memotret sunset di planet tersebut.

Baca juga: Mars Juga Bisa Gempa, Ilmuwan NASA Temukan Buktinya

Meski jauh dari hasil jepretan fotografer profesional, tapi apa yang ditangkap oleh InSight mampu memberi gambaran apa yang terjadi di Mars ketika matahari tenggelam.

Foto ini sendiri diambil pada 25 April 2019 lalu sekitar pukul 06.30 sore waktu Mars. InSight menggunakan Instrument Deployment Camera (IDC) di ujung lengan robotnya untuk memotret.

Untuk bisa dilihat mata manusia, NASA melakukan koreksi warna yang lebih akurat.

Merangkum dari BGR, Jumat (03/05/2019), seperti yang dicatat oleh NASA, gambar tersebut telah diubah untuk menunjukkan apa yang Anda atau saya lihat jika kita berdiri tepat di tempat InSight mengambil gambar.

Sebenarnya, gambar RAW yang dikirim robot itu pada NASA sedikit lebih jelas dibanding yang sudah dimodifikasi.

Beda sunset di Bumi dan Mars

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.