Kompas.com - 02/05/2019, 16:46 WIB
Ilustrasi bopavIlustrasi

KOMPAS.com - Bulan Ramadan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh para umat Islam. Di bulan ini, umat Islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan.

Pada saat menjalankan ibadah puasa, tentu kebiasaan makan Anda menjadi berbeda. Hal ini dapat membuat tubuh harus mengubah sistem metabolismenya dengan cepat.

Untuk itu, Anda mungkin perlu mempersiapkan diri sebelum puasa guna memberi waktu bagi tubuh untuk beradaptasi.

Puasa dapat mengubah metabolisme tubuh Anda

Pada saat puasa, Anda hanya dihadapkan pada waktu makan sebanyak dua kali, yaitu pada saat sahur dan buka puasa. Selain waktu tersebut, Anda tidak diperbolehkan untuk makan dan juga minum, kurang lebih selama 13 hingga 14 jam.

Baca juga: “Live” Facebook Kompas.com, Ahli Siap Jawab Pertanyaan Puasa Anda

Kebiasaan makan saat puasa ini tentu berbeda dengan kebiasaan Anda pada saat tidak puasa, di mana Anda bisa bebas makan pada jam berapa saja saat merasa lapar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perubahan kebiasaan makan ini tentu dapat mengubah bagaimana tubuh memanfaatkan nutrisi untuk digunakan.

Selama puasa, metabolisme dalam tubuh Anda dapat berjalan lebih lambat. Hal ini bisa terjadi karena saat puasa energi yang masuk ke tubuh Anda mungkin terbatas.

Hal ini kemudian dapat membuat tubuh kekurangan energi. Untuk mencegah kekurangan energi tersebut, tubuh kemudian akan memperlambat fungsinya, sehingga energi yang dipakai lebih hemat dan cadangan energi tersedia lebih lama.

Mengapa Anda perlu mempersiapkan tubuh sejak sebelum puasa dimulai?

Halaman:


Sumber
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X