Kompas.com - 28/04/2019, 12:05 WIB

KOMPAS.com - Siapa bilang usia menghalangi seseorang berkarya dan berprestasi? Pendapat itu dibantah oleh seorang nenek berusia 60 tahun memenangkan kompetisi foto yang dibuat oleh Badan Antariksa AS (NASA).

Nenek bernama Jean Dean itu berhasil memenangkan kompetisi tersebut setelah menangkap gambar nebula berjarak 5.000 tahun cahaya dari kebun belakang rumahnya.

Dean sempat terkejut ketika terpilih sebagai pemenang. Kabar kemenangannya ini didapatkan Dean melalui email hanya beberapa jam sebelum foto itu ditayangkan di situs resmi NASA.

Gambar yang diambil oleh pensiunan ahli kelautan tersbeut diambil selama 5 malam di luar rumahnya. Tah hanya itu, butuh 12 jam paparan untuk mendapatkan gambar dari awan debu antar-bintang berdiameter 590 triliun mil tersebut.

Baca juga: Foto Misterius Ini Bikin Netizen Merinding, Berikut Penjelasan Ahli

"Sebagai seorang matir, memiliki foto yang dipilih (menjadi pemenang) adalah sebuah kehormatan besar dan kejuatan yang luar biasa," ungkap Dean dikutip dari The Independent, Jumat (26/04/2019).

"Ketertarikan saya pada astronomi berasal sejak masih kecil. Kami sangat beruntung di Guernsey (tempat tinggal Dean) memiliki langit sangat gelap di area tertentu," sambungnya.

Dean juga menambahkan, foto yang menang tersebut bisa menjadi sumber baru bagi observatorium penelitian, Teleskop Luar Angkasa Hubble, atau astronom amatir lainnya.

"Ini (merujuk pada foto) berfungsi sebagai basis data untuk gambar luar angkasa dan merupakan alat pendidikan yang luar biasa untuk sekolah, universitas, dan masyarakat umum," ujar Dean.

"Orang sering berpikir bahwa ruang di antara bintang-bintang itu kosong. Faktanya ada awan materi besar yang sangat padat yang terdiri dari gas seperti hidrogen dan debu antar-bintang," tambahnya.

Perempuan paruh baya itu menjelaskan bahwa daerah yang disebut awan molekul raksasa itu sengat penting sebagai tempat kelahian bintang-bintang baru.

Seperti yang kita ketahui, bintang merupakan induk dari sebuah sistem tata surya. Maka, bisa saja akan tercipta planet, bulan, atau bahkan kehidupan baru dari nebula ini.

Foto Nebula Rosette yang memenangkan kompetisi NASA Foto Nebula Rosette yang memenangkan kompetisi NASA

Nebula yang berhasil diabadikan oleh Dean sendiri bernama Nebula Rosette. Debu antar-bintang itu terletak di Monoceros di Bima Sakti.

Dean sendiri mempersembahkan fotonya kepada astrofotografer Trevor Mahy, yang baru saja meninggal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.