2 Spesies Burung Baru di Sulawesi Memang Pleci, tetapi...

Kompas.com - 26/04/2019, 19:01 WIB
Kedua spesies yang ditemukan di Sulawesi, bernama Wakatobi mata putih dan Wangi-wangi mata putih. physKedua spesies yang ditemukan di Sulawesi, bernama Wakatobi mata putih dan Wangi-wangi mata putih.

KOMPAS.com - Kabar mengenai ditemukannya dua spesies burung baru di Sulawesi yang termuat dalam artikel Kompas.com berjudul "2 Spesies Burung Baru Ditemukan di Sulawesi, Ungkap Keunikan Evolusi" dan "LIPI: Temuan 2 Burung Baru Bukti Sulawesi Punya Sejarah Evolusi Unik" mendapat komentar dari warganet.

Kebanyakan netizen mengenali kedua burung tersebut sebagai jenis pleci. Karena mudah dikenali, warganet juga menyebut bahwa kedua burung tersebut bukanlah spesies baru dan sangat mudah ditemui di pasar burung wilayah tempat tinggal mereka.

Lalu, benarkah kedua spesies tersebut adalah burung pleci?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya jika kita mengenal dulu apa yang dimaksud dengan burung pleci.

Baca juga: 2 Spesies Burung Baru Ditemukan di Sulawesi, Ungkap Keunikan Evolusi

Menurut Mohammad Irham, peneliti ekologi dan sistematika burung Lembaga Ilmu Pengetahuan Indoneia (LIPI), pleci merupakan nama lokal yang merujuk kepada genus yang sama yaitu Zosterops.

"Nama pleci sendiri nampaknya berakar dari komunitas penghobi burung di Jawa yang akhirnya lebih sering dipakai," ujar Irham.

"Nama lokal atau daerah lain untuk genus Zosterops antara lain Siki nangka dan Esenangka Gunung (Sunda), Tomi-tomi (Buton), Lauelen dan Cilee (Duri, Melayu), Cui-cui, dll," imbuhnya.

Benar jenis pleci, tetapi...

Sebagai informasi, famili Zosteropidae (salah satunya genus Zosterops) merupakan burung kacamata. Nama itu disematkan karena bentuk warna bagian mata burung yang masuk dalam famili ini berbentuk seperti memakai kacamata.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X