Jangan Malas, Ternyata Membersihkan Rumah Bikin Otak Awet Muda

Kompas.com - 25/04/2019, 08:00 WIB
Ilustrasi membersihkan rumah shutterstockIlustrasi membersihkan rumah

KOMPAS.com - Mengerjakan pekerjaan rumah seperti menyapu, mengepel, mencuci piring atau baju terkadang melelahkan hingga membuat kita malas. Tak jarang, beberapa orang memilih untuk menggunakan asisten rumah tangga atau jasa untuk membersihkan rumah.

Namun, sebuah studi baru mungkin akan mengubah pikiran Anda terkait pekerjaan rumah ini.

Siapa sangka, aktivitas seperti pekerjaan rumah tangga sehari-hari tersebut justru membantu otak kita tetap awet muda. Menurut peneliti, aktivitas semacam ini setara dengan olahraga ringan yang dilakukan sehari-hari.

Temuan ini sebenarnya ingin menegaskan bahwa aktivitas ringan atau olehraga singkat bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Baca juga: Rajin Membersihkan Rumah Memperpanjang Usia Wanita

"Hasil penelitian kami tidak mengabaikan aktivitas fisik yang sedang atau kuat sebagai hal yang penting untuk penuaan yang sehat," ungkap Dr Nicole Spartano, penulis pertama penelitian ini dikutip dari The Guardian, Jumat (19/04/2019).

"Kami hanya menambah ilmu pengetahuan, menunjukkan bahwa aktivitas fisik intensitas cahaya mungkin penting juga, terutama untuk otak," sambungnya.

Dalam laporannya di jurnal Jama Network Open, Spartano dan tim menyebut aktivitas ringan tersebut seperti berjalan kaki atau melakukan pekerjaan rumah tangga.

Hasil ini didapatkan setelah tim tersebut mengamati aktivitas 2.354 orang dewasa paruh baya dari AS selama tiga hari. Tim juga memindai otak para peserta untuk melihat usianya.

Dari pengamatan yang terakhir, para peneliti menghitung volume otak individu karena ukuran berkaitan dengan penuaan.

Sebagai informasi, volume otak hilang 0,2 persen setiap tahunnya setelah usia 60 tahun. Kabar buruknya, kehilangan dan penyusutan jaringan otak ini bisa terkait dengan demensia.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X