Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/04/2019, 21:29 WIB
Yunanto Wiji Utomo,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengungkapkan bahwa Pemilu 2019 harus menjadi evaluasi, terutama terkait banyaknya petugas KPPS yang meninggal.

Nila sebenarnya merasa bahwa dirinya tidak punya kapasitas untuk ikut campur dalam ranah Pemilu sebab menurut dia, itu adalah arena politik. Namun, dia berpendapat bahwa proses Pemilu bisa diperbaiki.

"Tidak mungkin kita bekerja 24 jam. Mustinya shifting di sini. Itulah yang barangkali belum dipersiapkan dengan baik," katanya dalam kunjungan tematik lapangan di Pabrik Rapid Test Kimia Farma pada Selasa (23/4/2019).

Nila mengatakan, sejak banyak petugas KPPS meninggal, pihaknya telah menyurati seluruh kepala dinas kesehatan di Indonesia. Seluruh TPS diperiksa dan kesehatan para petugas dijaga.

Baca juga: 119 Petugas KPPS Meninggal, Ini yang Terjadi pada Tubuh saat Kelelahan

Dia menilai, petugas KPPS meninggal karena sangat lelah. Beban berlebih mungkin dialami oleh petugas yang memiliki riwayat hipertensi. Jika terlalu lelah, tensi akan naik dan berpotensi menimbulkan serangan jantung.

Nila menilai seluruh warga Indonesia perlu menjaga kesehatannya. Saat mengunjungi Bina Keluarga Balita Cempaka Mandala Sari pada Rabu (24/4/2019), dia mengapresiasi langkah posyandu tersebut yang menarik minat anak makan sayur dengan mengolah daun kelor menjadi puding dan nugget.

"Anak-anak jelas ingin variasi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com