Menkes: Petugas KPPS Mestinya "Shifting

Kompas.com - 24/04/2019, 21:29 WIB
JENAZAH Hamim Hardiansyah (47), Ketua KPPS 31, Pasarean, Kelurahan Pamoyanan, Kab. Cianjur, Jawa Barat saat dibawa ke rumah duka dari RSUD Sayang, Cianjur, Selasa (23/04/2019). Hamim meninggal dunia karena kelelahan usai bertugas di TPS. KOMPAS.com/FIRMAN TAUFIQURRAHMANJENAZAH Hamim Hardiansyah (47), Ketua KPPS 31, Pasarean, Kelurahan Pamoyanan, Kab. Cianjur, Jawa Barat saat dibawa ke rumah duka dari RSUD Sayang, Cianjur, Selasa (23/04/2019). Hamim meninggal dunia karena kelelahan usai bertugas di TPS.

KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengungkapkan bahwa Pemilu 2019 harus menjadi evaluasi, terutama terkait banyaknya petugas KPPS yang meninggal.

Nila sebenarnya merasa bahwa dirinya tidak punya kapasitas untuk ikut campur dalam ranah Pemilu sebab menurut dia, itu adalah arena politik. Namun, dia berpendapat bahwa proses Pemilu bisa diperbaiki.

"Tidak mungkin kita bekerja 24 jam. Mustinya shifting di sini. Itulah yang barangkali belum dipersiapkan dengan baik," katanya dalam kunjungan tematik lapangan di Pabrik Rapid Test Kimia Farma pada Selasa (23/4/2019).

Nila mengatakan, sejak banyak petugas KPPS meninggal, pihaknya telah menyurati seluruh kepala dinas kesehatan di Indonesia. Seluruh TPS diperiksa dan kesehatan para petugas dijaga.

Baca juga: 119 Petugas KPPS Meninggal, Ini yang Terjadi pada Tubuh saat Kelelahan

Dia menilai, petugas KPPS meninggal karena sangat lelah. Beban berlebih mungkin dialami oleh petugas yang memiliki riwayat hipertensi. Jika terlalu lelah, tensi akan naik dan berpotensi menimbulkan serangan jantung.

Nila menilai seluruh warga Indonesia perlu menjaga kesehatannya. Saat mengunjungi Bina Keluarga Balita Cempaka Mandala Sari pada Rabu (24/4/2019), dia mengapresiasi langkah posyandu tersebut yang menarik minat anak makan sayur dengan mengolah daun kelor menjadi puding dan nugget.

"Anak-anak jelas ingin variasi," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X