BMKG: Beberapa Wilayah Berpotensi Hujan Lebat 3 Hari Mendatang

Kompas.com - 22/04/2019, 20:34 WIB
ilustrasi hujan lebatWavebreakmedia Ltd ilustrasi hujan lebat

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) kembali memberikan peringatan potensi hujan lebat dalam tiga hari kedepan (22 hingga 24 April 2019).

Menurut BMKG, dalam 3 hari ke depan akan terjadi hujan lebat di sebagian wilayah Indonesia. Potensi hujan ini disebabkan adanya sirkulasi siklonik di Samudera Hindia Sebelah Barat Sumatera, Perairan barat Aceh dan Timur Aceh yang terpantau oleh BMKG.

Selain itu, konvergensi terdapat di Perairan Timur Sumatera, Belokan angin terdapat di Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Papua Barat dan Papua.

"Beberapa wilayah seperti Sumatera Barat, Riau, Lampung, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Papua berpotensi hujan lebat hari ini (22/04/2019)," tulis siaran pers BMKG yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Ada di Udara, Mikroplastik Menyebar Lewat Angin, Hujan dan Salju

"Sedangkan untuk esok hari (23/04/2019), hujan lebat berpeluang terjadi di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Lampung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Barat dan Papua," sambung mereka.

BMKG juga memperingatkan, beberapa wilayah Indonesia lain yang juga berpeluang diterpa hujan dengan intensitas lebih lebat disertai angin kencang dan kilat/petir pada esok hari (23/04/2019).

Daerah tersebut di antaranya Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat.

"Sedangkan untuk Rabu (24/04/2019) wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang meluas ke beberapa wilayah seperti Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat," kata BMKG.

"BMKG terus mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan," tegas mereka.




Close Ads X