Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NASA Bersiap Cetak Rekor Baru, Misi Antariksa Terlama oleh Perempuan

Kompas.com - 21/04/2019, 18:41 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor


KOMPAS.com - Seorang astronot perempuan bersiap memecahkan rekor misi penerbangan antariksa terlama oleh seorang perempuan, kata Badan Ruang Angkasa AS (NASA), Rabu (17/4/2019).

Perempuan tersebut adalah astronot yang gagal melakukan misi spacewalk pertama dengan seluruh kru perempuan karena tidak ada baju ruang angkasa yang pas.

"Astronot Christina Koch, yang menyelesaikan spacewalk dengan rekan pria dan bukan dengan rekan perempuan seperti direncanakan bulan lalu, akan tetap berada di Stasiun Antariksa Internasional sampai Februari," kata NASA.

Koch akan berada di ruang angkasa selama 328 hari sebagai rangkaian penelitian NASA mengenai dampak penerbangan ruang angkasa dalam jangka waktu lama terhadap tubuh manusia.

Baca juga: NASA Batalkan “Spacewalk” dengan Seluruh Kru Perempuan, Ini Sebabnya

Astronot berusia 40 tahun itu sudah ada di ruang angkasa sejak bulan lalu.

"Satu bulan berlalu. Masih ada 10 bulan lagi," kata Koch dalam cuitan pada akun Twitternya, Rabu (17/4). "Merasa terhormat menyumbangkan upaya terbaik saya setiap hari."

Pada akhir Maret, NASA membatalkan misi spacewalk yang seharusnya menjadi misi pertama yang dilakukan oleh tim beranggotakan hanya astronot perempuan.

Rencananya, tim itu beranggotakan Koch dan astronot perempuan Anne McClain. Tapi akhirnya batal karena tidak ada baju astronot yang pas dengan ukuran McClain.

Spacewalk itu rencananya dilakukan pada pekan terakhir bulan Sejarah Perempuan.

Di dalam stasiun ruang angkasa yang mengorbit, para astronot biasanya melakukan berbagai eksperimen biologi, bioteknologi, kesehatan, ilmu bumi, ruang angkasa dan eksperimen sains lainnya.

Biasanya astronot berada di stasiun ruang angkasa selama enam bulan.

"NASA sedang mengerjakan apa yang sudah kami pelajari dengan tambahan masa tinggal astronot di ruang angkasa lebih dari 250 hari," kata Jennifer Fogarty, kepala ilmuwan untuk Program Riset Manusia di NASA, dalam pernyataannya.

Para pemegang rekor

Rekor misi penerbangan ruang angkasa terlama oleh perempuan saat ini dipegang oleh Peggy Whitson, yang tinggal di ruang angkasa selama 288 hari pada 2016 dan 2017.

"Kehormatan bagi saya untuk mengikuti jejak Peggy," kata Koch melalui tayangan video dari Stasiun Antariksa Internasional, yang mengorbit lebih dari 200 mil atau 322 kilometer di atas Bumi.

Baca juga: Studi: Astronot Perlu Gunakan Kacamata Renang di Luar Angkasa

Dari lebih dari 500 orang yang sudah melakukan perjalanan ke ruang angkasa, kurang dari 11 persennya perempuan.

Tapi Koch lulus dari kelas NASA angkatan 2013 yang hampir 50 persennya adalah siswa perempuan.

Total rekor NASA yaitu 340 hari yang dicetak pada 2016, dipegang oleh astronot Scott Kelly. Dia melakukan eksperimen untuk membandingkan kesehatan fisik dan mentalnya dengan kembar identiknya, Mark Kelly, yang berada di Bumi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com