Terbakar Lebih Lama, Meteor Hijau Bersinar Terang di Langit Amerika

Kompas.com - 21/04/2019, 16:03 WIB
Meteor hijau berpendar terang di langit Amerika Selasa Malam. Meteor hijau berpendar terang di langit Amerika Selasa Malam.


KOMPAS.com - Sebuah meteor berwarna hijau terang melintasi Atlantik pada Selasa Malam. Menurut laporan AccuWeather, Kamis (18/4/2019) fenomena ini disaksikan oleh ratusan orang.

Bola api atau meteor dengan warna hijau itu menerangi seluruh langit di kawasan Carolina Selatan ketika terbakar memasuki atmosfer Bumi.

Kalau biasanya meteor melesat dengan sangat cepat, menurut video yang merekam kejadian tersebut bola api hijau terlihat selama hampir 10 detik.

Baca juga: Video: Detik-detik Jatuhnya Meteor 10 Kali Bom Hiroshima Dirilis NASA

Meski terbakar di dekat pantai New Jersey, bola api terletak ratusan mil jauhnya. Banyak laporan di halaman American Meteor Society (AMS), meteor melesat keluar dari area Washington DC dan ada yang melihat di Carolina Selatan kemudian utara Vermont.

Cahaya dari bola api ini diyakini sangat kuat sehingga detektor petir pada satelit cuaca GOES-16 dapat mendeteksi bola api itu.

Para saksi mata melaporkan meteor berwarna biru kehijauan, dan ada satu orang yang mengaku dapat mendengar suara ledakannya.

Warna meteor saat masuk ke atmosfer Bumi pada dasarnya berkaitan dengan komposisi kimianya. Bahan kimia dan elemen yang berbeda akan memancarkan warna berbeda pula.

Warna meteor berdasarkan zat yang terkandung di dalamnya. Warna meteor berdasarkan zat yang terkandung di dalamnya.

Baca juga: Nasa Ungkap Energi Ledakan Meteor Dahsyat di Kuba, Sekitar 1.400 TNT

Untuk diketahui, ada ribuan meteor yang memasuki atmosfer setiap harinya, namun kebanyakan tidak terlihat.

"Beberapa ribu meteor masuk ke atmosfer Bumi setiap hari. Akan tetapi sebagian besar terjadi di lautan atau wilayah tak berpenghuni, dan banyak yang tertutup cahaya matahari," jelas AMS.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X