Kompas.com - 09/04/2019, 08:04 WIB

KOMPAS.com - Laboratorium Universitas Georgia belum lama ini kedatangan penghuni baru, tak lain adalah empat kadal berwarna merah muda pertama di dunia.

Sebenarnya kadal berwarna merah muda pucat itu merupakan spesies Anolis sagrei atau lebih dikenal dengan anoles cokelat.

Namun berkat teknologi yang makin canggih dan kesuksesan utak-atik gen, ahli dapat melahirkan reptil albino pertama.

Bagi para ahli, kesuksesan mereka menciptakan kadal albino akan berdampak pada perawatan kesehatan manusia.

Baca juga: Mutasi Gen Langka Bikin Perempuan Ini Tak Rasakan Sakit dan Sembuh Cepat

Seperti dilansir New Atlas, Kamis (4/4/2019), ahli genetika Douglas Menke memilih kadal anoles cokelat karena kadal ini terisolasi secara mandiri di pulau Karibia dan setara dengan burung finch dari Galapagos yang pernah dipakai Charles Darwin untuk mengembangkan teori evolusi.

Teknik modifikasi gen

Untuk memodifikasi gen reptil bukanlah hal mudah. Ini lebih rumit dari modifikasi gen umumnya.

Kalau biasanya ilmuwan menggunakan alat penyunting gen CRISPR untuk menyuntikkan protein tertentu ke sel telur yang baru dibuahi atau ke dalam embrio sel tunggal guna menghasilkan mutasi DNA, pada reptil berbeda.

Reptil betina mampu menyimpan sperma di saluran telur untuk waktu lama setelah kawin. Hal ini membuat tidak ada yang tahu pasti kapan sel telur dibuahi.

Selain itu, begitu sel telur dibuahi, tempurung yang tipis dan kurangnya ruang udara internal membuat ahli sulit memanipulasi embrio tanpa merusak.

Sumber New Atlas