Kompas.com - 06/04/2019, 21:16 WIB

KOMPAS.com – Ternyata bentuk sperma dapat berpengaruh pada performanya.

Studi terbaru yang dilakukan Hanna Nyborg Stostad dari Natural History Museum, University of Oslo, menunjukan bahwa sperma burung yang berbentuk spiral atau mirip baut memiliki kecepatan berenang yang sangat tinggi.

Studi ini dipublikasikan di Journal of Evolutionary Biology ini dilakukan dengan cara membandingkan sperma dari 36 spesies burung dari kelompok burung pekicau.

Parameter yang menjadi perbandingan antara lain adalah faktor bentuk, ukuran, hambatan saat bergerak, serta viskositasnya.

Berdasarkan pengamatan dan analisis matematis, ditemukan bahwa sperma yang berbentuk spiral bergerak maju dengan cara berputar seperti bor sehingga memiliki kecepatan tinggi menembus cairan menuju telur.

Semakin banyak putaran yang dilakukan, semakin cepat gerak sperma.

Sperma berukuran sangat kecil, sehingga mereka kesulitan untuk dapat bergerak menembus cairan yang kental. Maka dari itu, sangat masuk akal jika mereka bergerak mengulir untuk dapat maju," jelas Dr. Stostad seperti yang dilansir dari Phys.org, Jumat (5/4/2019).

Meski demikian, terdapat kelemahan yang dijumpai pada sperma spiral ini. Burung dengan sperma spiral cenderung memiliki jumlah kerusakan sperma sangat tinggi.

Dr. Stostad mengemukakan bahwa kemungkinan terdapat trade-off (tarik-ulur) antara kecepatan renang dengan kekokohan sperma. Semakin spiral bentuk sperma, maka kecepatan renangnya semakin tinggi, namun juga dibarengi oleh resiko kerusakannya yang makin besar.

Baca juga: Studi: Kualitas Sperma Ayah Bisa Picu Gangguan Mental Skizofrenia

“Tarik-ulur ini dapat membantu kita memahami mengapa terdapat berbagai macam bentuk sperma, bukan saja pada burung, namun seantero hewan. Perbedaan bentuk ini merepresentasikan perbedaan strategi dengan keunggulan dan kelemahan yang berbeda pula”, tambahnya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber phys.org
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.