Jupiter Akan "Berbalik Arah", Apakah Ada Efek Bagi Bumi?

Kompas.com - 04/04/2019, 20:50 WIB
Planet Jupiter NASA/SwRI/MSSS/Gerald Eichstädt/Seán DoranPlanet Jupiter

KOMPAS.com - Tanggal 10 April 2019 mendatang, kita akan bisa menyaksikan planet Jupiter "berbalik arah" atau retrograde. Fenomena ini terjadi cukup lama, yaitu hingga tanggal 11 Agustus 2019.

Dalam astronomi, istilah retrograde sendiri melekat pada perilaku suatu benda langit terkait rotasi maupun revolusi (gerak orbital).

Menurut Marufin Sudibyo, seorang astronom amatir, gerak retrograde nyata dan baru diketahui pada era astronomi modern yaitu 1600-an.

"Suatu benda langit disebut berotasi retrograde jika arah rotasinya berkebalikan dibanding arah rotasi benda langit yang menjadi induknya," ujar Marufin melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Kamis (04/04/2019).

Baca juga: Bak Lukisan, Begini Penampilan Awan di Planet Jupiter

Menurut Marufin, gerak orbit yang berkebalikan dengan induknya ini dialami oleh dua planet di tata surya kita, yaitu Venus dan Uranus. Arah kedua planet tersebut berkebalikan dari matahari.

Menegaskan Planet Mengelilingi Matahari

Sebaliknya, apa yang akan dialami oleh Jupiter pada Rabu (10/04/2019) besok sebenarnya adalah gerak retrograde semu. Dalam hal ini, Jupiter akan terlihat seperti bergerak "mundur" dibanding gerak benda langit lainnya.

"Berbeda dengan gerak retrograde nyata, gerak retrograde semu ini telah dikenal sejak zaman Yunani kuno dan terutama mudah diamati pada planet-planet luar seperti Mars, Jupiter, dan Saturnus," kata Marufin.

"Gerak retrograde semu terkait dengan kedudukan orbit Bumi dan planet-planet luar dalam tata surya kita sekaligus menjadi penegasan bahwa Bumi dan planet-planetlah yang mengelilingi Matahari," imbuhnya.

Sebagai informasi, gerak retrograde semu para planet-planet luar terkait oposisi planet tersebut terhadap Matahari jika dipandang dari Bumi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X