Kompas.com - 04/04/2019, 18:51 WIB
Peluncuran aplikasi hemofilia pada Kamis (4/4/2019). Lewat aplikasi, diharapkan pendataan dan penanganan hemofilia bisa lebih mudah. Julio Subagio/Kompas.comPeluncuran aplikasi hemofilia pada Kamis (4/4/2019). Lewat aplikasi, diharapkan pendataan dan penanganan hemofilia bisa lebih mudah.

KOMPAS.com - Hidup dengan hemofilia tidak mudah. Tubuh rentan pada benturan dan luka. Tiap orangtua harus tahu status hemofilia anaknya.

Ketua Himpunan Masyarakat Hemofilia Indonesia, Prof dr. Djajadiman Gatot, Sp.A mengatakan, untuk mengetahui status hemofilia anak, langkah pertama adalah melihat silsilah keluarga.

“Apakah ada anak lain yang memiliki gejala serupa? Apakah riwayat penyakit yang sama juga diderita saudara kandung, orang tua, atau kerabat dekat lainnya?” katanya.

Orangtua juga harus peka ketika bayi lahir. Pasca kelahiran, orangtua bisa memeriksa adanya luka lebam beserta tonjolan pada kepala.

Selain itu, tanda lain seperti pendarahan yang berlangsung lama pada saat pemotongan tali pusar bisa dideteksi.

Saat masa perkembangan, orangtua mewaspadai timbulnya luka lebam secara spontan pada bagian persendian, terutama pada saat belajar merangkak.

Karena penderita hemofilia juga sering melaporkan adanya pendarahan di bagian bokong saat mereka duduk semasa anak-anak, gejala itu juga bisa dilihat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika tanda-tanda itu muncul, maka orangtua harus sesegera mungkin memeriksakan anaknya ke rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan kadar faktor pembekuan darah.

Pemeriksaan ini dapat memberikan informasi pasti mengenai jenis hemofilia yang diderita serta tingkat keparahannya.

Menjalani aktivitas keseharian dapat menjadi tantangan yang berat bagi anak penderita hemofilia.

Baca juga: Aplikasi Hemofilia Diluncurkan, Registrasi Penderita Jadi Lebih Mudah

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.