Bola Api Misterius Melintas di Langit Florida, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 01/04/2019, 17:35 WIB
Bola api kehijauan tertangkap kamera di Florida Bola api kehijauan tertangkap kamera di Florida

FLORIDA, KOMPAS.com - Warga Florida dikejutkan dengan melintasnya sebuah bola api misterius yang menerangi langit tempat tinggal mereka pada Sabtu (30/03/2019). Beberapa orang di negara bagian tersebut bahkan sempat mengabadikan dan mengunggah video bola api berwarna kehijauan tersebut.

Menurut Dinas Cuaca Nasional, cahaya terang serupa bola api tersebut berasal dari sebuah meteor yang jatuh.

Kilatan cahaya dari meteor tersebut tertangkap oleh Geostationary Lightning Mapper (GLM). GLM sendiri adalah satelit yang mengambil ratusan gambar setiap detik dan memetakan jalur badai petir.

" Meteor yang masuk ke atmosfer Bumi cukup sering terjadi tetapi kita tidak selalu bisa melihatnya," ujar Haley Brink, ahli meteorologi dilansir dari CNN, Senin (01/04/2019).

Baca juga: Satelit Rusia Tangkap Ledakan Cahaya Aneh di Atmosfer Kita

"Saat ini kita memiliki begitu banyak satelit di ruang angkasa dan kamera di lapangan sehingga peristiwa ini menjadi lebih terlihat oleh masyarakat umum," imbuhnya.

Badan Antariksa AS (NASA) menyebut bahwa meteor adalah apa yang terjadi ketika meteorid (batuan luar angkasa) memasuki atmosfer Bumi dengan kecepatan tinggi dan terbakar.

"Ini juga ketika kita menyebut mereka sebagai 'bintang jatuh'," tulis NASA dikutip dari Fox News, Senin (01/04/2019).

"Kadang-kadang meteor bisa tampak lebih terang daripada Venus, saat itulah kita menyebutnya sebagai bola api," imbuh mereka.

NASA juga memperkirakan bahwa sekitar 44.000 kilogram material meteoritik jatuh ke Bumi setiap harinya.

"Ketika sebuah meteoroid selamat dari perjalanannya melewati atmosfer dan mengenai tanah, itu disebut meteorit," kata NASA.

Sayangnya, dalam kasus di Florida ini, apakah bola api tersebut pecah di udara atau pecahannya mendarat ke Bumi masih belum diketahui.

Menurut kantor Layanan Cuaca Nasional Tallahassee, batu luar angkasa tersebut jatuh sekitar pukul 11.52 malam waktu setempat di atas Taylor County.

Video tentang bola api misterius tersebut diunggah beberapa orang seperti berikut.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X