Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan untuk Kita, Pria Ini Nyaris Meninggal karena "Cotton Bud"

Kompas.com - 21/03/2019, 09:55 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Studi kasus ini memperingatkan kita bahwa membersihkan telinga dengan cotton bud berbahaya. Seorang pria 31 tahun justru mengalami infeksi parah yang mengancam nyawa karenanya.

Dalam laporan kasus yang baru terbit di jurnal BMJ Case Reports, pria yang sebelumnya sehat itu dilarikan ke UGD karena pingsan.

Saat tiba di UGD, dia mengalami kejang. Pemeriksaan fisik menunjukkan dia bingung, mengantuk dan kesadarannya tidak stabil.

Ketika agak sadar, pria itu mengaku merasa sakit di bagian kepala dan sudah beberapa hari belakangan terus merasa mual.

Baca juga: Kotoran Telinga, Bolehkah Dibersihkan Sendiri dengan Cotton Bud?

"Yang mengerikan, selama lima tahun terakhir dia mengaku telinga kirinya sangat sakit dan tidak bisa mendengar," tulis laporan itu.

Seperti dilansir Science Alert, Rabu (21/3/2019), hasil CT Scan pada tengkorak kepala menunjukkan adanya abses (penyakit karena infeksi bakteri) yang sudah bernanah di jaringan sekitar otak dan keluar dari salah satu telinganya.

Dari fakta itu, dokter menemukan penyebab infeksinya adalah Pseudomonas aeruginosa, patogen pemicu penyakit berbahaya.

Tim medis pun berpendapat, P. aeruginosa bertanggung jawab atas kondisi pasien yang didiagnosis Necrotising Oittis Externa (NOE, alias otitis eksterna ganas) yang memengaruhi jaringan di kanal pendengaran eksternal (EAC).

Namun bagaimana bakteri jahat itu bersarang di tengkorak pria tersebut?

Pemeriksaan fisik salurang telinga mengisyaratkan jawaban yang paling mungkin, yakni sisa kapas yang tertinggal di kepala, mungkin sudah ada selama bertahun-tahun mengingat pria itu mengalami gangguan pendengaran dan nyeri dalam jangka waktu lama.

Sisa kapas cotton bud tertinggal di kepala dan menyebabkan pria itu mengalami infeksi parah yang hampir merenggut nyawanya. Sisa kapas cotton bud tertinggal di kepala dan menyebabkan pria itu mengalami infeksi parah yang hampir merenggut nyawanya.

"Risiko infeksi dari benda asing yang bersarang di EAC adalah faktor risiko munculnya radang saluran telinga. Namun itu belum pernah dijelaskan sebagai penyebab NOE," jelas peneliti dalam laporannya.

Pasien beruntung karena masih bisa diselamatkan dengan mengambil sisa kapas dan pemberian antibiotik selama delapan minggu untuk mengobati infeksi dan memperbaiki masalah neurologis serius yang dialaminya

"Saat antibiotik selesai diberikan, pasien tetap sehat secara sistematik tanpa defisit neurologis dan tidak ada gejala telinga residual," tulis peneliti.

"Yang terpenting, dia tidak lagi menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinganya," tegas ahli.

Baca juga: World Hearing Day 2019, 3 Gangguan Telinga yang Paling Sering Dialami

Bagi para ahli, kasus ini adalah peringatan untuk kita semua agar tidak memasukkan benda asing ke telinga, meski bermaksud membersihkan (yang sebenarnya tidak diperlukan).

"Penggunaan cotton bud pada telinga sangat umum dan kita telah lama mengetahui bahwa hal ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi seperti trauma, perforasi membran timpani, impaksi kotoran telinga, infeksi, dan retensi cotton bud," ujar ahli.

"Kasus ini lebih jauh menegaskan kembali akan bahaya penggunaan cotton bud dan pentingnya tidak menggunakan benda asing," tutup laporan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com