Dari Kresek hingga Karung Beras, Paus di Filipina Telan 40 Kg Plastik

Kompas.com - 18/03/2019, 20:33 WIB
40 kg plastik ditemukan di perut paus paruh angsa di Filipina 40 kg plastik ditemukan di perut paus paruh angsa di Filipina

KOMPAS.com - Penemuan seekor paus yang terdampar di lepas pantai Filipina seolah kembali "menampar" kita. Pasalnya, dalam perut bangkai paus itu terdapat 40 kilogram plastik.

Hal ini mengejutkan ini menjadi penyebab kematian brutal dari paus berparuh angsa tersebut. Para ahli biologi kelautan dan pekerja Museum D'Bone Collector menemukan paus nahas itu hari Jumat (15/03/2019) lalu.

"40 kilogram kantong plastik, termasuk 16 karung beras. 4 tas bergaya perkebunan pisang dan beberapa tas belanja (ditemukan di perut paus saat otopsi)," tulis pihak Museum dalam laman Facebook mereka dikutip dari The Guardian, Senin (16/03/2019).

Gambar otopsi menunjukkan tumpukan sampah yang tak berujung diekstraksi dari bagian dalam hewan itu.

Baca juga: Teguran buat Kita, Paus yang Mati di Wakatobi Tercemar 5 Kg Plastik

Menurut ahli biologi kelautan, Darrell Blatchley, paus tersebut muntah darah sebelum akhirnya mati. Mereka kemudian melakukan nekropsi atau otopsi pada hewan dan menemukan hal "menjijikan".

"Saya tidak siap untuk jumlah plastik. 40 km kira-kira karung beras, tas belanja, tas perkebunan pisang, dan kantong plastik umum (kresek)," ujar Blatchley diwartakan CNN, Senin (18/03/2019).

" Paus ini memiliki plastik terbanyak yang pernah kita lihat dalam seekor paus. Ini menjijikan," imbuhnya.

Peristiwa ini menjadi puncak dari merajalelanya penggunaan plastik di Asia Tenggara dalam beberapa tahun terakhir.

Sebuah laporan 2017 oleh Ocean Conservancy menyatakan bahwa Cina, Indonesia, Filipina, Thailand, dan Vietnam telah membuang lebih banyak plastik ke laut daripada gabungan seluruh dunia.

"Kami telah melakukan nekropsi pada 61 lumba-lumba dan paus dalam 10 tahun terakhir dan ini adalah salah satu (dengan jumlah plastik) terbesar yang pernah kami lihat," kata Blatchley kepada AFP, Senin (18/03/2019).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X