Gempa Hari Ini: M 6,2 dan M 5,6 Guncang Indonesia

Kompas.com - 16/03/2019, 20:06 WIB
Ilustrasi gempa bumi.AFP Ilustrasi gempa bumi.

KOMPAS.com - Dua gempa bumi berkekuatan cukup besar mengguncang wilayah Indonesia Timur hari ini, Sabtu (16/03/2019). Lindu tersebut terjadi di dua daerah berbeda.

Gempa bumi pertama mengguncang kepulauan Talaud, Sulawesi Utara sekitar pukul 06.07 WIB. Lindu pagi tadi itu berkekuatan M 6,2.

Guncangan dirasakan oleh warga Tahuna dan Sangihe dalam skala intensitas II-III MMI. Sedangkan warga Manado juga merasakan getaran dalam skala intensitas II.

Titik pusat gempa berada di darat, 263 km arah barat laut Kepulauan Talaud. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat kedalaman gempa pada 10 km.

Baca juga: Gempa Hari Ini: Mengguncang NTT dan NTB

BMKG menegaskan gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Gempa bumi kedua terjadi di Halmahera Selatan, Maluku Utara sekitar pukul 14.30 WIB. Lindu pada sore tadi berkekuatan M 5,6.

Guncangan dirasakan oleh warga Labuha pada skala intensitas II MMI. Artinya, guncangan tidak terlalu kencang dan hanya dirasakan beberapa orang.

Episenter gempa berada di laut, 114 km barat laut Halmahera Selatan. Sedangkan hiposenter gempa pada kedalaman 10 km.

BMKG menyebut gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X