Kompas.com - 12/03/2019, 17:02 WIB
Ilustrasi pilih-pilih makanan Ilustrasi pilih-pilih makanan

KOMPAS.com - Para ilmuwan percaya, ada sejumlah alasan yang dapat menjelaskan mengapa indra perasa kita suka memilih-milih makanan. Alasan itu bisa datang dari genetika sampai psikologi, selain evolusi biologi kita.

Berikut adalah penjelasannya satu per satu:

Terkait gen

Rasa dan bau adalah masalah pribadi masing-masing indivu dan yang bisa mempertanggungjawabkan ini adalah DNA kita.

Baca juga: Indonesia Kurang Gizi tapi Suka Buang-buang Makanan

Kode genetika kita membantu menentukan bagaimana otak memproses pesan indra. Ini artinya, setiap individu memiliki reaksi berbeda atas rasa makanan.

Pada 2004, ilmuwan Universitas California, AS menemukan reseptor olfaktori kita terletak di bagian genom yang lebih tinggi dari pada keragaman genetika pada umumnya.

Variasi ini kemungkinan membuat orang memiliki persepsi yang berbeda dan dapat membantu menjelaskan mengapa tidak semua orang menyukai atau membenci makanan yang sama.

Mekanisme pertahanan diri

Indra perasa kita pernah menjadi penyelamat kehidupan. Sebagian dari manusia pertama bumi harus mengembangkan cara untuk memilih makanan terbaik dan menghindari yang buruk.

Salah satu dampak yang bisa kita nikmati sampai sekarang adalah kemampuan mengetahui rasa pahit. Hal ini kemudian berkembang menjadi mekanisme pertahanan diri untuk menangkal masuknya racun dari tanaman.