Harapan Baru, Pria London Berhasil Dibersihkan dari HIV

Kompas.com - 05/03/2019, 11:33 WIB
Ilustrasi HIV/AIDS masih memiliki harapan untuk tetap sehat. FreepikIlustrasi HIV/AIDS masih memiliki harapan untuk tetap sehat.

KOMPAS.com - Seorang pria di Inggris yang didiagnosis HIV-positif menjadi orang dewasa kedua yang diketahui bebas dari virus AIDS. Pria itu "sembuh" setelah menerima transplantasi sumsum tulang dari donor yang resistan HIV, kata dokter yang menanganinya.

Pria ini hampir 3 tahun menerima sel punca dari donor dengan mutasi genetik langka yang tahan terhadap infeksi HIV. Dia juga sudah lebih dari 18 bulan berhenti mengonsumsi obat antriretroviral (pengobatan untuk memperkuat sistem imun sehingga tidak mudah terinfeksi penyakit lain).

Hasil tes yang sangat sensitif tidak menunjukkan jejak infeksi HIV pada pria tersebut.

"Tidak ada virus di sana yang bisa kita ukur. Kami tidak dapat mendeteksi apa pun," ungkap Ravindra Gupta, ahli biologi HIV yang merawat pria tersebut dikutip dari The Guardian, Selasa (05/03/2019).

Baca juga: Kenapa Sih HIV/AIDS Susah Banget untuk Disembuhkan?

Gupta menyebut pasiennya itu "sembuh secara fungsional" dan "dalam remisi".

Merangkum dari ABC News Australia, Selasa (05/03/2019), kasus ini menjadi kabar baik serta bukti bahwa para ilmuwan suatu hari nanti akan mengakhiri HIV/ AIDS. Tapi, para dokter menegaskan bahwa ini bukan berarti obat HIV telah ditemukan.

Bahkan Gupta memperingatkan, "Masih terlalu dini mengatakan dia sudah sembuh."

Prosedur Berisiko

Menurut Gupta, pria itu tertular HIV pada 2003. Lalu pada 2012, dia didiagnosis menserita kanker darah limfoma Hodgkin.

Pada 2016, dokter kemudian memutuskan untuk mencarikannya pasangan transplatasi.

"Ini benar-benar kesempatan terakhirnya untuk bertahan hidup," kata Gupta dikutip dari Reuters via Straits Times, Selasa (05/03/2019).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X