Film Dokumenter Pendaratan Pertama di Bulan Dibuat dari Rekaman Tua

Kompas.com - 28/02/2019, 18:33 WIB

KOMPAS.com - Pendaratan bulan yang dilakukan oleh Neil Armstrong telah tercatat menjadi salah satu peristiwa bersejarah bagi umat manusia. Tak heran jika peristiwa tersebut diabadikan pada berbagai buku sejarah, bahkan difilmkan secara komersil dengan judul "First Man".

Masih belum puas, kini sebuah film dokumenter tentang pendaratan tersebut dibuat. Film dengan judul "Apollo 11" bercerita tentang pendaratan di bulan pada 1969.

Film berdurasi 93 menit itu dibuat dengan menggunakan rekaman tua yang dipugar. Artinya, film ini dibuat secara nyata.

Uniknya, gambar dalam rekaman ini menjadi sangat jernih dan jelas oleh sutradara Todd Douglas Miller.

Baca juga: Koleksi Barang Bersejarah Neil Armstrong akan Dilelang Tahun Ini

Melansir dari New York Post, Rabu (27/02/2019), beberapa rekaman luar biasa diambil dengan kamera yang terpasang di pesawat menuju bulan tersebut. Meski bukan dari kamera profesional, ini memberikan pemandangan baru pada peristiwa ikonik tersebut.

Untuk mendapatkan hasil ini, Miller dan timnya harus menyaring 11.000 jam audio. Meski begitu, hasilnya adalah sebuah proyek pelestarian sejarah yang menakjubkan.

Film ini tanpa narasi dan wawancara langsung, hanya materi asli yang disinkronkan dengan beberapa musik dan diagram sesekali.

Merangkum dari The Guardian, Senin (25/02/2019), dalam film ini ada empat momen penting pada misi ke Bulan. Mulai dari adegan lepas landas, pendaratan modul bulan Eagle, menghubungkan kembali Eagle dengan pesawat ruang angkasa Columbia untuk kembali ke Bumi, hingga masuk ke atmosfer Bumi.

Meski urutannya bisa ditebak, tapi penggambaran ini masih memikat. Di samping itu, "Apollo 11" adalah kisah terpenting teknologi dan kemanusiaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.