Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kura-kura Raksasa yang Dianggap Punah Ditemukan Lagi di Ekuador

Kompas.com - 21/02/2019, 21:03 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor

KOMPAS.com - Seekor kura-kura betina dari spesies yang sudah lebih dari 110 tahun tidak pernah kelihatan dan dikhawatirkan sudah punah, telah ditemukan di pulau Fernandina, bagian dari kepulauan Galapagos, Ekuador.

Betina dewasa Chelonoidis phantasticus juga dikenal sebagai kura-kura raksasa Fernandina ditemukan hari Minggu (16/2/2019) oleh ekspedisi bersama Taman Nasional Galapagos dan Galapagos Conservancy yang berbasis di Amerika, kata pernyataan Kementerian Lingkungan Ekuador.

Penyelidik berpendapat mungkin masih ada lagi anggota spesies itu di pulau tersebut karena jejak dan bekas-bekas yang mereka temukan.

Baca juga: Gen Kura-kura Raksasa Ungkap Rahasia Hidup Panjangnya

Tim penyelidik membawa kura-kura itu yang kemungkinan besar berumur lebih dari 100 tahun ke pusat penangkaran kura-kura raksasa di Pulau Santa Cruz di mana ia akan tinggal di kandang yang khusus dirancang untuknya.

International Union for Conservation of Nature memasukkan kura-kura raksasa Fernandina dalam daftar sangat terancam dan mungkin punah.

Kepulauan Galapagos dihuni banyak spesies dan satwa liar unik yang ciri-cirinya membantu Charles Darwin mengembangkan teori evolusinya. Dan kepulauan itu dinyatakan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO tahun 1979.

Kementerian Lingkungan Ekuador mengatakan ekspedisi itu dibiayai oleh Animal Planet untuk serinya berjudul Extinct or Alive.

Baca juga: Terluka Parah, Kura-kura Ini Dibuatkan Kursi Roda

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com