Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: 4 Lindu dan 27 Susulan Terjadi di Wilayah Indonesia

Kompas.com - 19/02/2019, 22:23 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Empat guncangan gempa bumi dirasakan di wilayah Indonesia pada Selasa (19/02/2019). Lokasi keempat gempa bumi tersebut adalah Malang, Luwu, Nusa Laut, dan Tana Toraja.

Menurut catatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa pertama terjadi sekitar pukul 02.30 WIB di Malang.

Lindu berkekuatan M 5,9 ini bahkan terasa hingga ke Bali. Menurut Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami Daryono, guncangan ini merupakan gempa dangkal akibat aktivitas subduksi landai zona megathrust.

Di zona ini Lempeng Indo-Australia menunjam ke bawah Lempeng Eurasia di bawah Samudra Hindia.

Baca juga: 27 Kali Lindu Susulan di Selatan Malang, Apakah Ini Gempa Pembuka?

Hasil analisis BMKG menunjukkan episenter gempa terletak pada koordinat 9,67 Lintang Selatan dan 112,74 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 170 kilometer arah selatan Kota Kepanjen, Malang, pada kedalaman 42 kilometer.

Melihat kedalaman hiposenternya, tampak bahwa pusat gempa ini tepat berada di bidang kontak antar lempeng atau yang biasa disebut Interplate earthquake.

Sementara itu, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault).
"Mekanisme ini sangat sesuai karena terjadi di zona tumbukan lempeng (plate collision)," kata Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono.

Meski gempa terasa cukup kuat, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.
Hasil pemodelan juga menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

Daryono menyebut, hingga pukul 15.00 WIB telah terjadi 27 gempa susulan.

3 Gempa Lain

Sekitar pukul 09.34 WIB gempa juga mengguncang wilayah Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. Lindu dengan magnitudo 3,4 tersebut dirasakan warga Masamba dalam skala intensitas II MMI.

Episenter gempa berada di darat, 12 km arah utara Kecamatan Rampi, Kabupaten Luwu. Kedalaman gempa tercatat 10 km.

Sore hari, sekitar pukul 15.50 WIB, lindu mengguncang daerah Nusa Laut, Maluku. Kekuatan gempa tercatat M 4,2 dan dirasakan warga Masohi dalam skala intensitas II-III MMI.

Pusat gempa berada di laut, 46 km timur Nusa Laut. Kedlaaman gempa 10 km.

Baca juga: Menelusuri Riwayat Gempa Besar dan Merusak di Selatan Malang

Selanjutnya, lindu mengguncang Tana Toraja sekitar pukul 19.26 WIB. Magnitudo gempa adalah 3,2 dan dirasakan warga Kecamatan Bituang dalam skala II-III MMI.

Episenter gempa berada di darat. Tepatnya 17 km arah utara Kecamatan Bituang, Tana Toraja pada kedalaman 10 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com