Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/02/2019, 21:02 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com — Di tengah gembar-gembor memasuki era reformasi industri 4.0, sebenarnya ada beberapa masalah di Indonesia yang masih membutuhkan cukup perhatian.

Sebut saja dari stunting atau tubuh anak pendek karena kurang gizi, angka rabies, peringkat kedua dalam hal BAB sembarangan, perilaku di dunia maya, dan pendidikan rata-rata orang Indonesia.

Bagaimana angka dan data sebenarnya yang terjadi di lapangan? Berikut ulasannya.

Baca juga: Dibahas saat Debat Capres, Ini Sejarah Revolusi Industri 1.0 ke 4.0

1. Angka stunting masih jauh dari standar WHO

Pada 2015 Indonesia menjadi negara kedua di Asia Tenggara dengan jumlah stunting paling banyak menyusul Laos.

Menurut catatan Kata Data, prevalansi stunting anak balita pada 2015 adalah 36,4 persen. Artinya, saat itu lebih dari sepertiga atau sekitar 8,8 juta anak balita mengalami stunting.

Terbaru, berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan 2018, sebesar 30,8 persen anak balita Indonesia masih mengalami stunting.

Adapun proporsi status gizi sangat pendek dan pendek menurut provinsi paling tinggi ialah di Nusa Tenggara Timur yang mencapai 42,6 persen dan terendah di DKI Jakarta sebesar 17,7 persen.

Kepala Badan Litbangkes Siswanto mengatakan, meski tren stunting mengalami penurunan, hal ini masih berada di bawah rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Standar WHO, suatu wilayah dikatakan mengalami gizi akut bila prevelansi anak balita stunting lebih dari 20 persen.

Kurangnya asupan gizi serta pengetahuan orangtua akan pentingnya kesehatan menjadi penyebab utama tingginya angka stunting. Masalah ini masih menjadi PR kita bersama.

Baca juga: Jangan Sampai Orang Bicara AI, tapi Kita Masih Stunting

2. Angka rabies masih tinggi

Melansir laman resmi Departemen Kesehatan, depkes.go.id, selama periode 2011 sampai 2017 ada lebih dari 500.000 kasus rabies di dunia. Gigitan hewan penular rabies (GHPR) yang dilaporkan di Indonesia sebanyak 836 kasus positif rabies.

Kematian akibat rabies mencapai 100 orang per tahun dan sebagian besar dialami anak-anak Indonesia. Sementara dalam hitungan global, rabies dapat merenggut lebih dari 55.000 nyawa setiap tahun.

"Sejak 1995, Indonesia tak pernah dinyatakan bebas rabies. Per tahun ditemukan 1.500 kasus terpapar rabies," kata Steven Dandel, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Provinsi Sulawesi Utara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com