BMKG: Potensi Hujan Lebat Masih Berlangsung sampai 3 Hari ke Depan

Kompas.com - 13/02/2019, 19:00 WIB
ilustrasi hujan lebatWavebreakmedia Ltd ilustrasi hujan lebat


KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) meluncurkan peringatan dini cuaca untuk tiga hari ke depan, mulai hari ini (13/2/2019) hingga Jumat (15/2/2019).

Menurut pantauan BMKG, muncul massa udara basah lapisan rendah yang terkonsentrasi di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Mulai dari Sumatra bagian utara dan tengah, sebagian besar pulau Jawa, Bali, NTB, NTT, seluruh Kalimantan kecuali Kalimantan Utara, Sulawesi bagian tengah dan selatan, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, hingga Papua.

Sementara itu, daerah dengan indekslabilitas atmosfer sedang atau kuat terpantau di sebagian besar Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, sebagian besar Kalimantan, NTT, dan Papua Barat.

Baca juga: BMKG: Hujan Lebat Sambangi Sumatera Selatan hingga Papua sampai Besok

Berdasar keterangan resmi BMKG yang diterima Kompas.com, Rabu (13/2/2019), hari ini beberapa wilayah berpotensi diguyur hujan lebat. Di antaranya Lampung, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

"Pada hari yang sama perlu diwaspadai beberapa wilayah berpotensi diguyur hujan disertai angin kencang, dan kilat atau petir, yaitu Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Tengah," tulis BMKG.

Sementara besok Kamis (14/2/2019), wilayah yang berpotensi diguyur hujan lebat antara lain Aceh, Sumatera Utara, Riau, Lampung, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.

Hati-hati, pada hari yang sama juga beberapa wilayah berpotensi diguyur hujan lebat disertai angin kencang, dan kilat/petir, yaitu Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Papua Barat.

Baca juga: Sempat Menurun Awal Februari, BMKG: Hujan Meningkat Pertengahan Bulan

Pantauan hari Jumat (15/2/2019), terekam beberapa wilayah berpotensi diguyur hujan lebat, yakni Riau, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Pada hari yang sama juga diperkirakan beberapa wilayah berpotensi diguyur hujan lebat disertai angin kencang, dan kilat/petir, yaitu Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Jabodetabek, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, dan Papua Barat.

"Untuk beberapa wilayah yang berpotensi diguyur hujan lebat hingga disertai angina kencang, dan kilat atau petir, mohon untuk berhati-hati dalam beraktivitas di luar ruangan," imbau BMKG.



Close Ads X