BMKG: Hujan Lebat Sambangi Sumatera Selatan hingga Papua sampai Besok

Kompas.com - 11/02/2019, 20:32 WIB
ilustrasi hujan lebatWavebreakmedia Ltd ilustrasi hujan lebat


KOMPAS.com — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) memberikan peringatan dini terhadap cuaca untuk Senin (11/2/2019) dan Selasa (12/2/2019).

Konvergensi terdapat di Sumatera Selatan dan memanjang dari Laut Jawa hingga Laut Banda. Belokan angin terdapat di Riau, Jambi, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Maluku, dan Papua.

Baca juga: Sempat Menurun Awal Februari, BMKG: Hujan Meningkat Pertengahan Bulan

Untuk Senin (11/2/2019), wilayah yang berpotensi hujan lebat antara lain Riau, Bengkulu, Lampung, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.

Pada hari yang sama, beberapa wilayah berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat/petir, yaitu Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Tengah.

Pantauan citra satelit yang menunjukkan hujan lebat di Jabodetabek pada Senin (11/2/2019) pukul 16.10 WIB. Pantauan citra satelit yang menunjukkan hujan lebat di Jabodetabek pada Senin (11/2/2019) pukul 16.10 WIB.

Sementara pada Selasa (12/2/2019) ada beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat, yakni Bengkulu, Lampung, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Untuk hari yang sama, beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat/petir ialah Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, dan Maluku.

Baca juga: BMKG: Waspada Gelombang Tinggi 3 Hari ke Depan, Sumatera hingga Papua

"BMKG mengimbau masyarakat yang berada di wilayah yang berpotensi hujan untuk tetap berhati-hati dan selalu siap sedia perlengkapan hujan," tulis BMKG dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (11/2/2019).

Menurut pantauan BMKG pada pukul 17.00, Senin (11/2/2019), kompleks Green Sukamanah Residence di Rancaekek banjir sejak malam sampai saat ini setinggi lutut.



Close Ads X