"Dicomblangin", Harimau Sumatera di London Justru Dibunuh Calon Pasangan

Kompas.com - 10/02/2019, 13:22 WIB
Harimau Asim Harimau Asim

KOMPAS.com — Seekor harimau sumatera mati di Kebun Binatang London. Harimau betina bernama Melati itu dianiaya calon pasangannya, harimau jantan bernama Asim.

Mulanya, kedua binatang buas itu akan "dicomblangkan" dengan harapan bisa berkembang biak.

Asim sendiri bukan penghuni Kebun Binatang London. Ia didatangkan dari taman safari Denmark 10 hari sebelum kejadian naas pada Jumat lalu itu.

Sayangnya, ketika dipertemukan, Asim justru langsung menyerang Melati secara fatal.

Baca juga: Harimau Diprediksi Bakal Punah 10 Tahun Lagi, Saatnya Kita Bertindak

"Semua orang di ZSL Kebun Binatang London sangat terpukul dengan kematian Melati, dan kami sangat sedih terkait peristiwa ini," ungkap pernyataan dari pihak Kebun Binatang dilansir dari CNN, Sabtu (09/02/2019).

"Asim dipindahkan ke Kebun Binatang ZSL London sebagai program pemuliaan konservatif seluruh Eropa, dan diharapkan bahwa dua harimau akan berkembang biak di masa depan," imbuh mereka.

Tak Sesuai Prediksi

Keduanya semula ditempatkan di kandang terpisah yang bersebelahan untuk penyesuaian sebelum akhirnya dipertemukan.

Pada masa penyesuaian, para penjaga melihat keduanya "mencium dan bereaksi satu sama lain". Mengamati tanda-tanda positif itu, para ahli menganggap sudah "waktu yang tepat" untuk memperkenalkan keduanya.

Para penjaga melaporkan pasangan ini mulai pengenalan sesuai prediksi, tapi dengan cepat terjadi interaksi yang lebih agresif.

"Staf kebun binatang segera menerapkan respons yang telah disiapkan, menggunakan suara keras, suar, dan alarm untuk mengalihkan perhatian pasangan itu, tetapi Asim sudah mengalahkan Melati," kata Kebun Binatang tersebut.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNN,BBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X