Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menu Makanan Baru, Singa Gurun Terekam Santap Hewan Laut

Kompas.com - 30/01/2019, 20:32 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis


KOMPAS.com - Seekor singa yang hidup di sepanjang pantai Namibia, Afrika - garis pantai paling tandus hingga dijuluki Gerbang Neraka oleh pelaut Portugis - terekam menyantap makanan yang berasal dari laut.

Laporan yang dimuat di Namibian Journal of Environment, menggambarkan bagaimana singa gurun yang hidup di Taman Nasional Skeleton Coast itu melakukan adaptasi berburu sehingga bisa menerkam hewan laut.

Hewan laut yang mereka santap antara lain anjing laut, flamingo, dan burung laut  kormoran.

Baca juga: Demi Selamatkan Populasi Ikan Trout, 4 Singa Laut Terpaksa Dibunuh

Studi mencatat, selama 18 bulan sejak 2017 sampai 2018, 86 persen makanan yang dipilih singa Namibia adalah santapan laut, termasuk dua flamingo berukuran besar, 60 burung kormoran, dan 18 anjing laut.

Tak hanya menyantap makanan berukuran besar, para ahli kerap menemukan para singa bergerombol di sekitar zona intertidal pantai Namibia. Zona intertidal adalah daerah yang berada di atas air saat pasang surut dan di bawah air saat pasang naik.

Belum ada yang dapat memastikan atau merekam mereka sedang mendiskusikan apa. Dugaan sementara, mereka sedang mengemil kerang, kepiting, atau penyu.

Namun semuanya tetap menjadi asumsi sampai bukti fisik didapat.

Dari letak geografisnya, sudut barat laut Namibia itu bukan tempat yang mudah ditinggali hewan sekelas singa.

Selain iklimnya yang sangat kering, singa Namibia juga harus melakukan persaingan ketat dengan petani, dan merasakan kehilangan habitat.

Melansir IFL Science, Selasa (29/1/2019), populasi singa di Namibia sempat hancur pada 1980-an. Beruntung, pada 2002 mereka kembali tumbuh dan berkembang biak.

Para ahli mencatat, singa gurun ini pertama kali tertangkap makan anjing laut pada 2006. Awalnya para ilmuwan mengasumsikan singa mengunyah makanan yang tak umum baginya karena tidak ada lagi pilihan yang bisa dimakan.

Namun ternyata, makanan laut itu bukan pilihan terakhir bagi populasi singa. Melainkan sumber energi mereka yang baru.

Baca juga: Dikeroyok 20 Hyena, Singa Ini Berhasil Selamat

Philip Stander, seorang peneliti mencatat bahwa beruang kutub adalah satu-satunya karnivora besar penghuni darat yang didokumentasikan memakan anjing laut di luar Namibia.

Berkaitan dengan singa yang makan makanan laut, mungkin itu karena anjing laut berkembang biak di benua, bukan pulau, yang juga dihuni hewan karnivora dan manusia.

Meski demikian, mengonsumsi makanan laut sebenarnya juga pernah terjadi di kerajaan hewan. Misalnya, serigala coyote di sudut California diketahui pernah memakan makanan laut berupa burung laut dan penyu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com