Mengenal Operasi Bariatrik yang Bantu Titi Wati Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 21/01/2019, 18:33 WIB
Titi Wati saat dirawat diruang rawat inap Rumah Sakit Doris Sylvanus Palangkaraya Handout / Kurnia TariganTiti Wati saat dirawat diruang rawat inap Rumah Sakit Doris Sylvanus Palangkaraya

KOMPAS.com — Kabar baik datang dari Titi Wati, penderita obesitas yang memiliki berat badan hingga ratusan kilogram.

Sepekan lalu, Titi menjalani operasi bariatrik atau pengecilan lambung dan kini sudah diperbolehkan pulang ke rumahnya.

Namun, salah satu yang membuat penasaran dari kasus Titi ini adalah operasi bariatrik itu sendiri. Apa sebenarnya operasi bariatrik dan seberapa efektif untuk mengatasi obesitas?

Dokter spesialis penyakit dalam Dante S Herbuwono menjelaskan, ada tiga metode pembedahan bariatrik. Ketiganya yaitu, laparoscopic gastric bypass, laparoscopic sleeve gastrectomy, dan laparoscopic adjustable gastric band.

Baca juga: Lawan Diabetes, Para Ilmuwan Kembangkan Bedah Bariatrik Berbentuk Pil

"Bedah ini untuk membuat penyerapan makanan enggak terlalu banyak. Ada yang dipotong sebagian lambungnya sehingga lambung lebih kecil. Jadi gampang kenyang. Ada juga yang diiket lambungnya," ujar Dante dalam diskusi di Jakarta, Jumat (19/12/2014).

Operasi ini digunakan untuk orang-orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

Keefektifan dan Risiko

Dante menyebut bahwa prosedur medis ini cukup efektif untuk mengontrol berat badan seseorang.

"Hasilnya signifikan untuk mengontrol gula darahnya, terutama kontrol berat badan. Rata-rata berat badan akan turun dengan cepat," kata Dante.

Dante mencontohkan, seorang pasiennya bisa menurunkan berat badan 18 kilogram dalam waktu tiga bulan. Gula darahnya pun menjadi normal.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X