Berkat Penerapan Aturan, Populasi Hewan Laut Terancam Punah di AS Naik

Kompas.com - 21/01/2019, 17:44 WIB
Ilustrasi paus beluga atau paus putih DoungJi HongIlustrasi paus beluga atau paus putih

KOMPAS.com - Sebuah makalah ilmiah yang dipulikasikan dalam jurnal PLOS ONE memberikan kabar baik terkait populasi hewan laut di AS.

Jumlah populasi paus, duyung, dan kura-kura laut di negara itu sedang meningkat. Fenomena ini disebut seiring dengan terbitnya undang-undang tengara untuk melindungi beberapa spesies yang paling terancam punah di perairan AS.

Lebih dari tiga perempat populasi mamalia laut dan kura-kura yang dilindungi oleh Peraturan Perlindungan Satwa Terancam Punah AS (ESA) telah menunjukkan tanda-tanda pemulihan yang jelas dalam beberapa dekade terakhir.

Para ahli di Center for Biological Diversity, sebuah organisasi non pemerintah yang berbasis di Arizona, menyebut hasil positif ini adalah bukti bahwa konservasi spesies yang ditunjang oleh hukum perikanan dapat memberikan dampak baik.

Baca juga: Demi Berburu Paus, Jepang akan Keluar dari IWC

ESA adalah undang-undang lingkungan yang pertama kali dirancang pada tahun 1973. Tujuannya adalah untuk menghentikan hewan dan tumbuhan di seluruh AS dari kepunahan.

Perkiraan sebelumnya menunjukkan bahwa tanpa perlindungan yang ditawarkan oleh perangkat hukum ini, lebih dari 200 spesies akan musnah sekitar tahun 2006.

Namun, dengan meningkatnya ancaman global terhadap kelangsungan hidup spesies, Dr Abel Valdivia dan rekan-rekannya di pusat menekankan pentingnya melacak populasi semua spesies yang masih dalam ancaman.

Ini khususnya berlaku untuk hewan laut, yang datanya sering kurang.

Tim itu kemudian menganalisis 23 dan delapan populasi representatif dari 14 mamalia laut dan lima spesies penyu.

Hasilnya, mereka menemukan 24 populasi yang meningkat dalam jumlah besar berasal dari spesies yang terdaftar di bawah ESA selama setidaknya dua dekade. Ini menunjukkan pentingnya perlindungan jangka panjang bagi makhluk laut.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X