Kabar Buruk, 60 Persen Varietas Kopi Terancam Punah

Kompas.com - 17/01/2019, 17:00 WIB
Ilustrasi kopimerc67 Ilustrasi kopi

KOMPAS.com - Sebuah penelitian baru membawa kabar buruk bagi para pecinta kopi. Pasalnya, menurut studi itu, tiga dari lima spesies kopi liar kini berisiko terancam punah.

Ancaman ini makin nyata karena kombinasi dari perubahan iklim, penyakit, dan penggundulan hutan.

Kopi adalah minuman terfavorit di dunia. Lebih dari dua miliar cangkir kopi dikonsumsi tiap hari.

Meski begitu, industri besar ini bergantung pada varietas liar yang hanya tumbuh di beberapa daerah saja.

Para ilmuwan di Kew Royal Botanic Gardens di Inggris kemudian mencoba melacak tentang varietas-varietas kopi tersebut.

Baca juga: Kenapa Banyak Orang Menyukai Kopi meski Rasanya Pahit?

Mereka menggunakan teknik pemodelan komputer terbaru dan penelitian di lapangan untuk memprediksi bagaimana 124 varietas kopi yang terdaftar sebagai terancam punah.

Hasilnya, sekitar 75 spesies kopi dinilai terancam punah dengan rincian 13 dikategorikan sangat terancam punah, 40 terancam punah, termasuk kopi arabika, dan 22 rentan.

"Secara keseluruhan, fakta bahwa risiko kepunahan di semua spesies kopi begitu tinggi (hampir 60 persen) itu jauh di atas angka risiko kepunahan normal untuk tanaman," kata Aaron Davis, kepala penelitian kopi di Kew dikutip dari AFP, Kamis (17/01/2019).

"Itu di atas sana dengan kelompok tanaman yang paling terancam punah. Dengan cara lain, itu tidak mengejutkan karena banyak spesies yang sulit ditemukan, tumbuh di daerah terbatas... beberapa populasi hanya seukuran lapangan sepakbola," imbuhnya.

Untuk diketahui, produksi kopi global saat ini hanya bergantung pada dua spesies: arabika dan robusta.

Arabika, dihargai karena keasaman dan rasanya. Spesies ini menyumbang sekitar 60 persen dari semua kopi yang dijual di seluruh dunia.

Di alam liar, populasi arabika terdapat di dua negara: Ethiopia dan Sudan Selatan.