Kompas.com - 11/01/2019, 11:12 WIB
Fakta Orangutan Kalimantan KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoFakta Orangutan Kalimantan

KOMPAS.com - Rusaknya habitat orangutan dalam skala besar oleh industri seperti kelapa sawit, industri kayu, dan batu bara membuat populasi primata itu semakin berkurang.

Menurut The Nature Conservancy Indonesia, laju kerusakan habitat orangutan mencapai 1,5 persen tiap tahun di Sumatera. Sedangkan, di Kalimantan kerusakan habitatnya sudah mencapai 2 persen per tahun.

Kerusakan habitat ini tentu menjadi ancaman bagi orangutan, juga kelestarian lingkungan. Sebab, orangutan merupakan penyebar 1.000 jenis tanaman hutan serta dapat menjadi penyeimbang dalam regenerasi hutan.

Berdasarkan hasil Population and Habitat Viability Assesment Orangutan 2016, saat ini diperkirakan ada 57.359 ekor orangutan di habitat seluas 16 juta hektar.

Apa saja fakta menarik mengeai orangutan? Lihat dalam infografik berikut:

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Fakta Orangutan Kalimantan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.