Para Peneliti Temukan Kode Genetik untuk Monogami

Kompas.com - 08/01/2019, 20:07 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Apa yang membuat suatu makhluk menjalani perilaku monogami? Pertanyaan tersebut tampaknya akan segera dijawab oleh para peneliti. Pasalnya, mereka telah berhasil mengidentifikasikan “kode genetik” untuk monogami.

Diuraikan dalam studi yang dipublikasikan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences, para peneliti membandingkan DNA dari lima spesies berbeda yang menjalani monogami, dan lima spesies terdekat mereka yang tidak menjalani monogami.

Dalam kasus kali ini, para peneliti mendefinisikan monogami sebagai hewan-hewan yang berpasangan selama satu musim kawin dan berbagi tanggung jawab pengasuhan anak dengan pasangannya.

Hewan-hewan monogami yang dipilih adalah tikus California, vole Microtus ochrogaster, burung pipit air, katak Ranitomeya imitator, dan ikan Cichlid dari Danau Tanganyika di Afrika. Sementara itu, hewan-hewan non-monogami yang dipilih adalah tikus rusa, vole Microtus pennsylvanicus, burung Prunella modularis, katak Oophaga pumilio, dan spesies Cichlid Afrika lainnya.