Mungkinkah Dua Orang Bersaudara Mengisi Kehidupan di Bumi?

Kompas.com - 30/12/2018, 18:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Agama-agama Samawi mempercayai manusia pertama di dunia adalah Adam dan Hawa. Namun jika membahasnya secara ilmiah, mungkinkah dua manusia dapat melakukannya, mengingat ada masalah kesehatan tak terhindarkan terkait perkawinan sedarah dan kumpulan gen terbatas?

Sebelumnya, mari kita bayangkan kedua manusia pertama itu adalah saudara atau sepupu.

Berbagai studi ilmiah telah menunjukkan bahwa perkawinan sedarah akan berdampak buruk bagi kesehatan keturunannya, mulai dari risiko mendapat penyakit genetik langka sampai cacat lahir.

Baca juga: Mantan Astronot NASA: Kirim Manusia ke Mars adalah Langkah Bodoh

Sebuah laporan tentang anak-anak Ceko yang lahir antara tahun 1933 sampai 1970 dari orangtua sedarah menampilkan tingginya angka kematian bayi, dan cacat mental atau fisik sejak lahir. Selain itu, kualitas sperma juga bisa menurun karena perkawinan sedarah.

Hal itu tak lain karena perkawinan sedarah membuat keragaman genetik dalam DNA anak sangat minim. Buruknya, risiko kesehatan tersebut kemudian diwariskan dari generasi ke generasi.

Selain itu, studi mencatat bahwa keragaman genetik memungkinkan spesies mengatasi masalah dan perubahan dalam lingkungan. Saat perkawinan sedarah terjadi, hal tersebut hilang.