Viral Video Gelombang Tinggi Manado, BMKG Tegaskan Bukan karena Gempa

Kompas.com - 28/12/2018, 15:21 WIB
Ilustrasi gelombang tinggi KOMPAS.Com/ JUNAEDIIlustrasi gelombang tinggi

KOMPAS.com - Sebuah video yang menampilkan gelombang tinggi mendadak menyita perhatian publik. Video berdurasi 27 detik tersebut disertai keterangan bahwa gelombang terjadi di wilayah Manado, Sulawesi Utara.

Berdasarkan siaran pers BMKG yang diterima Kompas.com, Jumat (28/12/2018), memang terjadi peningkatan tinggi gelombang di beberapa wilayah Indonesia.

Menurut rilis tersebut, perairan Manado - Bitung berpeluang terjadi gelombang setinggi 2,5 hingga 4 meter. Peluang gelombang tinggi ini berlaku tanggal 28 hingga 31 Desember 2018.

Pemicu Gelombang Tinggi

Dalam rilis yang sama, BMKG juga menjelaskan penyebab gelombang tinggi yang menerpa Indonesia.

Baca juga: BMKG Nyatakan Gelombang Tinggi di Serang sebagai Tsunami

"Terdapat pola tekanan rendah 1002hPa, 1003 hPa, dan 1007 hPa di Samudra Pasifik timur Filipina, Laut Arafuru bagian barat dan Laut China Selatan," tulis rilis tersebut.

"Pola angin di wilayah Indonesia umumnya bergerak dari barat daya - barat laut dengan kecepatan angin berkisar antara 5 hingga 25 knot," sambungnya.

Bukan Gempa

Daryono, Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG juga menegaskan bahwa gelombang tinggi tersebut tidak dipicu oleh gempa.

"Tidak ada gempa kuat di Sulawesi dari kemarin (yang mempengaruhi gelombang tinggi)," ungkap Daryono melalui pesan singkat, Jumat (28/12/2018).



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X