Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama 54 Hari, Pria Amerika Taklukan Kutub Selatan Sendirian

Kompas.com - 27/12/2018, 18:33 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Editor

KOMPAS.com - Seorang penjelajah Amerika berusia 33 tahun telah menjadi orang pertama yang melintasi Antartika sendirian dan tanpa bantuan.

Colin O'Brady menyelesaikan perjalanan 1.500 kilometer itu dalam 54 hari. Dia menyeret perbekalannya dengan kereta luncur saat meluncur di suhu yang menusuk tulang.

"Saya berhasil!" ujar Brady sambil menangis saat menelepon keluarganya yang berkumpul di Portland untuk liburan, menurut sang istri, Jenna Besaw.

"Itu adalah panggilan telepon yang emosional. Dia tampak penuh cinta dan syukur, dan dia benar-benar ingin mengatakan 'Terima kasih' kepada kami semua," imbuh Besaw.

O'Brady mendokumentasikan perjalanannya yang hampir seluruhnya menanjak - yang dia sebut 'The Impossible First' (upaya pertama yang mustahil) - di akun Instagram-nya.

Baca juga: Dua Teknisi Meninggal di Stasiun Penelitian Antartika, Ini Sebabnya

Pada hari Rabu (26/12/2018), dia menulis bahwa dirinya menempuh 129 kilometer terakhir dalam satu perjalanan terakhir yang besar ke garis finish yang memakan waktu lebih dari satu hari penuh.

"Meski 32 jam terakhir adalah beberapa jam paling menantang dalam hidup saya, mereka sejujurnya adalah beberapa momen terbaik yang pernah saya alami," tulis O'Brady.

Sehari sebelumnya, O'Brady mengunggah status bahwa dia "merasa bersemangat" dan berpikir dirinya bisa mencapai tahap akhir dalam sekali jalan.

"Saya mendengarkan tubuh saya dan memerhatikan semua untuk menjaga diri saya aman," tulisnya.

"Saya menelepon ke rumah dan berbicara dengan ibu, saudara perempuan dan istri saya - saya berjanji kepada mereka bahwa saya akan berhenti ketika saya harus berhenti," sambung pria Amerika itu.

Upaya Sebelumnya

Meskipun beberapa orang lainnya telah melintasi Antartika, mereka mendapat bantuan dengan kiriman pasokan atau semacam parasut yang membantu mendorong mereka maju.

Pada tahun 2016, penjelajah Inggris, Henry Worsley, meninggal karena mencoba perjalanan solo tanpa bantuan melintasi Antartika. Worsley pingsan karena kelelahan menjelang akhir perjalanannya.

Kapten Angkatan Darat Inggris, Louis Rudd, teman Worsley dan sesama petualang Inggris, saat ini tengah mencoba menjelajah solo tanpa bantuan untuk menghormati Worsley. Rudd bersaing melawan O'Brady untuk menjadi yang pertama melakukannya.

Baca juga: 200 Tahun Ini, Antartika Alami Peningkatan Hujan Salju yang Tak Normal

Besaw mengatakan O'Brady berencana untuk tinggal di Antartika sampai Rudd menyelesaikan perjalanannya, diharapkan dalam beberapa hari ke depan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com