Kompas.com - 21/12/2018, 19:14 WIB
Kerangka pria kaya yang berakhir tragis berusia 4.000 tahun Kerangka pria kaya yang berakhir tragis berusia 4.000 tahun

KOMPAS.com - Tahun 1877 silam, seorang sejarawan seni Jerman bernama Friedrich Klopfleisch menemukan kerangka purba yang dikubur di sebuah makam mewah dari tahun 1940 Sebelum Masehi (SM).

Saat itu, hanya sedikit hal yang diketahui tentang kehidupan dan identitas kerangka dari Zaman Perunggu tersebut. Tapi, baru-baru ini, pemeriksaan terhadap tulang-tulang tersebut mengungkapkan setidaknya satu informasi baru.

Informasi terbaru itu adalah ada yang benar-benar tidak menyukai kerangka itu semasa hidupnya.

Setelah ditemukan oleh Klopfleich, para arkeolog sangat tertarik dengan isi kuburan di distrik Leubingen, negara bagian timur Jerman.

Di makam kuno itu terdapat pin jepit terbuat dari emas, pisau belati, kapak, beberapa bilah perunggu, landasan batu, serta pot dari tanah liat.

Menurut para arkeolog, tidak ada seorang pun yang akan mengubur benda-benda itu bersama mayat tanpa alasan kuat. Benda-benda tersebut menandakan bahwa kerangka itu adalah pemengang kekuasaan.

Baca juga: Ahli Temukan Kerangka Suku Maya Berusia 7.000 Tahun di Goa Meksiko

Anehnya, para arkeolog menemukan tulang lengan anak kecil tergeletak di dekatnya. Seolah, tubuh kecil itu pernah terbaring di pangkuannya.

Hasil analisis kerangka tersebut memberitahu bahwa ia adalah seorang pria tua. Ini diketahui dari tanda-tanda gigi yang aus dan asam urat.

Pada 2012, antropolog mencari cedera yang bisa menjelaskan kematian pria kaya itu. Sayangnya, mereka tidak menemukan apapun yang bisa dijadikan kesimpulan.

Namun, hasil tersebut tidak memuaskan sejarawan Kai Michael dan arkeolog Harald Meller.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.