NASA: Saturnus Akan Segera Kehilangan Cincinnya

Kompas.com - 19/12/2018, 17:32 WIB
Ilustrasi saturnus dan cincinnya. Ilustrasi saturnus dan cincinnya.

KOMPAS.com - Cincin yang dimiliki Saturnus membuatnya paling berbeda di antara planet lain. Namun studi terbaru NASA mengungkap, cincin itu akan segera menghilang kurang dari 100 juta tahun.

Penelitian sebelumnya mengungkap cincin Saturnus akan menghilang dalam 300 juta tahun ke depan, karena ia telah kehilangan banyak massa.

Para ahli sebelumnya mengetahui cincin Saturnus kehilangan massa dari data yang dikirim satelit Voyager 1 dan 2. Ditambah data satelit Cassini sebelum "menabrakkan" diri ke cincin Saturnus pada September 2017 untuk mengakhiri perjalanan 20 tahunnya, menguatkan dugaan bahwa cincin Saturnus benar-benar kehilangan massa yang signifikan dan ia bisa lebih cepat menghilang.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Icarus memuat analisis terbaru dari pengamatan teleskop Keck yang ada di Mauna Kea, Hawaii.