Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/12/2018, 19:35 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Di mata masyarakat Indonesia, nasi padang memiliki reputasi kesehatan yang buruk, mulai dari segi kalori hingga kandungan kolesterolnya. Padahal, nasi padang merupakan sebuah kenikmatan dunia kala perut keroncongan dan dompet mulai menipis.

Namun, benarkah nasi padang buruk untuk kesehatan?

Untuk menjawab pertanyaan ini, Kompas.com mengajak seorang ahli gizi dari RS Pondok Indah – Pondok Indah, dr Juwalita Surapsari, SpGK, untuk berbincang-bincang mengenai nutrisi nasi padang dalam episode perdana Rate My Plate yang diadakan di cabang baru restoran Padang Merdeka, Jl. K. H. Abdullah Syafe'i no 2, Tebet, Jakarta Selatan.

Dalam video ini, berbagai menu favorit Anda ketika sedang berkunjung ke restoran nasi padang, seperti rendang, ayam pop, dan gulai kepala ikan, akan dibedah nutrisinya.

Baca juga: Hanya Mitos, Dokter Tegaskan Santan Tidak Mengandung Kolesterol

Lalu, dr Juwalita juga akan menjelaskan jeroan mana yang paling tinggi kadar kolesterolnya dan harus dihindari.

Akan tetapi, tenang saja. Dokter Juwalita tidak melarang Anda untuk makan nasi padang. Seperti yang dikatakannya dalam video, selama pilihan menu dan cara mengombinasikannya benar, tidak ada masalah untuk sering makan nasi padang.

Kalau begitu, bagaimanakah cara memilih menu yang tepat dan mengombinasikannya agar bisa makan nasi padang yang sehat? Lalu, seperti apa rupa piring nasi padang yang baik dan bergizi seimbang itu? 

Simak langsung penjelasan dr Juwalita dalam edisi perdana Rate My Plate di bawah ini:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com