Kompas.com - 12/12/2018, 18:34 WIB
Ilustrasi lebah madu KOMPAS/DAHLIA IRAWATIIlustrasi lebah madu

KOMPAS.com – Dalam perjalanan hidup lebah madu, ada banyak persoalan yang harus dihadapi, mulai dari pestisida, hilangnya habitat, perubahan iklim, hingga penyakit.

Salah satu penyakit yang sering memusnahkan seluruh koloni lebah madu adalah infeksi bakteri Larva Paenibacillus yang menyebabkan American foulbrood (AFB).

Bakteri Ini biasanya masuk ke koloni melalui lebah perawat yang memberikan makanan terkontaminasi spora bakteri tersebut ke larva lebah. Spora mulai berkembang di perut larva lebah, dan menyebar hingga membunuh larva lebah.

Tidak berhenti di sini, spora dapat tetap hidup dalam waktu yang lama dan terus menginfeksi koloni selama bertahun-tahun bahkan setelah infeksi awal. Tentunya, jika kondisi ini terjadi pada peternakan madu, hal ini akan sangat merugikan.

Baca juga: Dalam Uji Pra-Klinis, Vaksin Terbaru untuk Virus Zika Terbukti Efektif

Dilansir dari IFL Science pada Senin (10/12/2018), untuk mengatasi kondisi ini para peneliti dari University of Helsinki, Finlandia, telah mengembangkan vaksin yang dapat membantu lebah madu mencegah infeksi bakteri yang mematikan ini. Untuk diketahui, vaksin ini merupakan yang pertama kalinya diperuntukkan bagi serangga.

Vaksin ini disebut PrimeBEE dan dirancang untuk diberikan pada ratu lebah madu. Alasan para peneliti memilih ratu lebah yang adalah untuk melindungi koloni lebah madu dari generasi ke generasi berikutnya.

Dalam penelitian yang dilakukan, Dalial Freitak, seorang peneliti dalam penelitian ini, mengamati bahwa lebah menunjukkan tanggapan kekebalan yang lebih baik jika induk mereka terkena bakteri dalam makanan mereka.

Hal ini karena jika sang ratu memakan sesuatu yang mengandung patogen, patogen tersebut dihalangi oleh protein vitellogenin. Protein itu kemudian mengirimkan molekul tanda patogen ke telurnya, dan melindungi bakal calon lebah ini dari infeksi ketika lahir.