Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: M 5,1 di Bengkulu, Tak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 09/12/2018, 19:35 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Minggu (09/12/2018), wilayah Bengkulu diguncang gempa bumi bekekuatan M 5,1. Guncangan tersebut dirasakan warga Bengkulu dan Kepahiyang pukul 00.45 WIB.

Titik pusat gempa berada di laut, tepatnya di 57 km arah barat daya Bengkulu Utara. Hiposenter berada pada kedalaman 10 km.

Meski bekekuatan lebih dari magnitudo 5 dan episenternya di laut, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut bahwa lindu ini tidak berpotensi tsunami.

Sebelumnya, pada Jumat (07/12/2018) dan Sabtu (08/12/2018), Bengkulu juga diguncang gempa bumi. Masing-masih berkekuatan M 4,2 dan M 5.

Selain Bengkulu, gempa bumi juga menggetarkan wilayah Mamasa, Sulawesi Barat. Area tersebut diguncang gempa bumi sebanyak dua kali hari ini.

Gempa pertama terjadi pukul 08.48 WIB dengan kekuatan M 3,1. Episenter gempa berada di darat, tepatnya 6 km timur Kecamatan Sesenapadang dengan kedalaman 5 km.

Pukul 12.16 WIB, warga Mamasa kembali merasakan gempa. Kali ini yang terjadi adalah lindu bermagnitudo 3,2 dengan pusat di 4 km timur laut Mamasa pada kedalaman 7 km.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5 Guncang Wilayah Lebak, Banten

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com