Sempat Gagal, Roket Soyuz Kembali Meluncur ke ISS

Kompas.com - 04/12/2018, 19:31 WIB
Fotografer mengambil gambar ketika Soyuz MS-10 meluncur dari stasiun Baikonur, Kazakhstan, Kamis (11/10/2018). Roket itu membawa astronot Amerika Serikat Nick Hague dan kosmonot Rusia Aleksey Ovchinin untuk memulai misi enam bulan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). AFP/KIRILL KUDRYAVTSEVFotografer mengambil gambar ketika Soyuz MS-10 meluncur dari stasiun Baikonur, Kazakhstan, Kamis (11/10/2018). Roket itu membawa astronot Amerika Serikat Nick Hague dan kosmonot Rusia Aleksey Ovchinin untuk memulai misi enam bulan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

KOMPAS.com - Roket Soyuz pada Senin (03/12/2018) baru saja lepas landas menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional ( ISS) membawa tiga astronot dari Rusia, Amerika Serikat, dan Kanada.

Ini menjadi misi pertama sejak peluncuran Soyuz yang gagal pada Oktober lalu.

Beberapa menit setelah roket lepas landas, Badan Antariksa Rusia (Rosmoscos) mengumumkan bahwa kapsul Soyuz berhasil memasuki orbit. Hal ini juga disampaikan oleh administrator NASA, Jim Bridenstine melalui akun twitternya.

Ketiga astronot tersebut adalah Oleg Kononenko dari Rosmoscos, Anne McClain dari NASA, dan David Saint-Jacques dari Badan Antariksa Kanada. Mereka direncanakan akan tinggal di ISS dalam misi 6 bulan.

Misi ini merupakan yang pertama berhasil sejak kegagalan peluncuran Soyuz pada 11 Oktober lalu. Ketika itu, roket yang membawa Aleksey Ovchinin dari Rusia dan Nick Hague dari AS gagal mengorbit sesaat setelah diluncurkan.